Daftar Artis Indonesia yang Punya Manajemen Artis Sendiri, Pantes Tambah Tajir

| 01 Nov 2022 07:10
Daftar Artis Indonesia yang Punya Manajemen Artis Sendiri, Pantes Tambah Tajir
Raffi dan Nagita, pendiri Rans Entertainment (antaranews)

ERA.id - Artis merupakan ahli atau pelaku seni, seperti pemusik, penyanyi, aktor, pelukis, dan sebagainya. Di dunia hiburan Tanah Air, beberapa artis tak hanya menekuni dunia kesenian untuk seni itu sendiri, melainkan sebagai bisnis untuk mencari keuntungan. Tak heran jika saat ini ada beberana nama artis Indonesia yang punya manajemen sendiri.

Dilansir gurupendidikan.com, tujuan dari sebuah manajemen adalah mengatur sesuatu yang belum teratur atau mencari keteraturan dari sesuatu yang belum teratur sehingga lahirlah pola baru.

Di sisi lain, artis di dunia hiburan termasuk profesi butuh perencanaan agar popularitasnya menanjak sehingga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Jika para artis ini telah memiliki banyak agenda, misalnya bermain film, sinetron, konser, menjadi bintang iklan, dan sebainya, mereka butuh manajer untuk melakukan aktivitas manajerial agar agenda-agenda tersebut tertata.

Dalam hal tersebut, manajer artis memiliki tugas untuk mengatur berbagai keperluan manajerial artis, seperti mengatur jadwal, mengatur keuangan, mengurusi perjanjian kontrak, promosi, dan lain sebagainya. Umumnya, manejer artis bukan dari kalangan artis.

Namun, saat ini beberapa artis atau selebritas mengambil ranah tersebut sehingga tidak dirinya tak hanya mendapatkan uang dari karya yang dihasilkan, tetapi juga dari bisnis keartisan itu sendiri. Dikutip Era dari Paragram, berikut adalah beberapa selebritas yang masuk ke bidang manajemen artis.

Daftar Artis Indonesia yang Punya Manajemen Sendiri

1.    Leslar

Lesti Kejora dan Rizky Billar beberapa waktu lalu jadi bahan pembicaraan karena kasus KDRT. Mereka bukan hanya pasangan selebritas, tetapi juga memiliki manajemen artis, yaitu Leslar Entertainment.

Leslar merupakan kependekan dari nama pasangan suami istri ini. Pernikahan keduanya pun sempat diheboh warganet sehingga nama Leslar cukup booming. Leslar Entertainment memproduksi konten-konten digital, mengurus kanal YouTube, dan menjadi manajemen artis khusus Lesti dan Billar.

2.    Baim Wong

Baim Wong adalah nama yang tidak asing di dunia seni peran. Dia dan istrinya memiliki manajemen artis bernama Bapau Entertainment. Bapau merupakan kependekan dari nama pasangan ini, yaitu Baim dan Paula.

3.    Indra Bekti

Indra Bekti (antaranews)

Manejemen artis yang dimiliki Indra Bekti sudah didirikan cukup lama. Manajemen artis ini diberi nama INBEK PLUS Artis Management. Bukan sekedar manajemen artis untuk mengorbitkan namanya sendiri, Bekti mendirikan manejemen ini untuk mengorbitkan artis-artis dalam negeri. Beberapa nama artis yang dinaungi menajemen ini bahkan sudah sangat akrab di telinga Anda, seperti Fitri Tropica, Coboy Junior, dan Super-K.

4.    Ahmad Dhani

Ahmad Dhani juga sudah cukup lama mendirikan manejemen artis. Nama manejemen artis milik pentolan Dewa ini adalah Republik Cinta Management (RCM).

RCM menjadi manejemen yang khusus menaungi para musisi. Sudah banyak musisi Indonesia yang dilahirkan oleh manajemen artis milik Ahmad Dhani ini,seperti Dewa 19, Mulan Jameela, The Virgin, Mahadewi, dan The Lucky Laki.

5.    Kevin Aprilio

Aprilio Kingdom merupakan perusahaan rekaman dan manejemen artis milik Kevin Aprilio. Manejemen ini menaungi seniman musik, seperti Vierratale dan Princess. Vieratale masih eksis hingga saat ini, sayangnya girlband Princess tak berumur panjang.

6.    Raffi Ahmad

Raffi bersama istrinya, Nagita Slavina, adalah pasangan selebritas yang punya nama besar di dunia bisnis hiburan saat ini. Mereka berdua adalah pendiri dari Rans Entertainment.

Nama manajemen ini berasal dari nama keduanya, yaitu Raffi Ahmad Nagita Slavina. Capaian dari Rans Enternaintment tak perlu lagi ditanyakan. Perusahaan ini menaungi berbagai bidang hiburan, seperti musik, konten YouTube, game online, sepak bola, dan sebagainya.

Itulah daftar artis Indonesia yang punya manajemen sendiri. Ada manajemen yang hanya fokus pada pemiliknya sendiri, tetapi ada pula yang berhasil mengembangkannya hingga berdampak bagi banyak orang.

Rekomendasi