Deretan Film Rudy Salam di Awal Karir Tahun 70-an hingga Akhir Hayat

| 18 Nov 2022 14:43
Deretan Film Rudy Salam di Awal Karir Tahun 70-an hingga Akhir Hayat
Foto Rudy Salam muda

ERA.id - Aktor senior Rudy Salam menghembuskan nafas terakhir pada hari Jumat 18 November 2022 pagi hari. Untuk menghormati kepulangannya, artikel ini akan menyajikan deretan film Rudy Salam yang bisa Anda tonton kembali.

Perlu diketahui, Rudy Salam adalah saudara kandung aktor Roy Marten atau paman dari Gading Marten. Rudy lahir pada tahun 1948 dan sudah berkiprah di industri film tanah air sejak tahun 70-an.

Deretan Film Rudy Salam

  1. Jakarta-Jakarta

    Poster Film Jakarta Jakarta (Wikipedia)

Di awal karirnya, Rudy Salam membintangi film berjudul “Jakarta-Jakarta”. Film ini diproduksi pada tahun 1978 dan disutradarai oleh Ami Prijono. Film mengambil setting ketika pesta olahraga nasional PON tahun 1977 diselenggarakan.

Menariknya, Gubernur DKI pada saat itu, Ali Sadikin, turut muncul dalam film itu ketika memberikan semangat dalam acara PON kepada para atlet yang ikut berlaga. Api PON yang terus menyala menjadi selingan dalam film Jakarta Jakarta.

Di tahun yang sama Rudy membintangi beberapa film lainnya, di antaranya Rosita, Laki-Laki dalam Pelukan, Noda dan Asmara, Garis-Garis Hidup, Sejuta Duka Ibu, dan Yang Muda yang Bercinta.

  1. Roda-Roda Gila

    Poster Film Roda-Roda Gila (Twitter)

Kemudian pada tahun berikutnya Rudy membintangi film Roda-Roda Gila bersama saudaranya Roy Marten. Film yang disutradarai oleh Dasri Yacob ini juga dibintangi Yati Octavia.

Film ini kala itu mendapatkan penghargaan dari KBRI Belanda. Selain itu, film ini didistribusikan oleh Bola Dunia Film yang juga mendistribusikan film-film drama populer seperti Catatan Si Emon (1991).

Pada tahun yang sama Rudy membintangi film lainnya, seperti Menantang Maut, Bahaya Penyakit Kelamin, Kekasih Binal, Pandangan Pertama, Kisah Cinderella,  Perempuan Tanpa Dosa, dan Cowok Masa Kini.

  1. Akibat Bercinta

Akibat Bercinta adalah film Indonesia yang rilis pada tahun 1979 dengan disutradarai oleh Tommy Burnama dan dibintangi oleh Yati Octavia dan Rudy Salam. Film ini bercerita tentang romantika anak SMA hingga masa-masa perkuliahan.

Pada tahun yang sama Rudy membintangi film lainnya di antaranya Ali Topan, Detektif Partikelir Turun ke Jalan, Romantika Remaja, Wanita Segala Zaman, Antara Dia dan Aku, dan Kabut Sutra Ungu.

  1. Film Rudy Salam Tahun 80-an

Karir Rudy Salam kian menanjak di dekade berikutnya. Pada tahun 1980 Rudy membintangi beberapa film diantaranya Salome, Tempatmu di Sisiku, dan Goyang Dangdut.                              

Kemudian pada tahun 1981 membintangi film Sejuta Serat Sutera, Srigala, Ketika Cinta Harus Memilih, Ira Maya Putri Cinderella, Sundelbolong, dan dr. Karmila. Lalu pada tahun 1982 ada film Misteri Ronggeng Jaipong, dan tahun 1984       film Kontraktor dan Dalam Pelukan Dosa.

Selanjutnya di tahun 1989, Rudy membintangi beberapa film diantaranya Makelar Kodok, Pembalasan Setan Karang Bolong, Kisah Cinta Nyi Blorong, Langkah-Langkah Pasti, Pacar Kedua, Musnahkan Ilmu Santet, dan Tiga Gadis Pilihan.

  1. Film Rudy Salam tahun 90-an hingga Akhir Hayat

Pada tahun 90-an hingga akhir hidupnya Rudy Salam tidak banyak bermain di film layar lebar. Beberapa film yang dibintanginya yaitu tahun 1990 Perwira Ksatria, Untukmu (2003), Mama Cake (2012), Mursala (2013), Garuda Superhero (2015), dan Siapa di Atas Presiden? (2014).

Selain deretan Film Rudy Salam, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi