7 Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun untuk Perkembangan dan Pertumbuhan si Kecil

| 13 Jan 2023 19:07
7 Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun untuk Perkembangan dan Pertumbuhan si Kecil
Ilustrasi mainan anak 1 tahun (unsplash)

ERA.id - Bermain merupakan salah satu hal yang penting bagi anak. Kegiatan ini tidak hanya jadi pengisi waktu dan hiburan, tetapi juga baik untuk perkembangan, pertumbuhan, mental, dan daya imajinasi anak. Memilih mainan anak 1 tahun secara tepat bisa memaksimalkan hal-hal tersebut sejak dini.

Tak jarang, mainan juga membantu anak mengembangkan daya pikir yang kritis dan analitis. Tak heran jika pemilihan mainan menjadi hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik—disesuaikan dengan kebutuhan dan perilaku anak.

Perilaku Anak 1 Tahun

Anak memiliki perilaku yang beragam, tetapi ada beberapa perilaku yang umum dilakukan oleh anak usia 1 tahun. Dikutip Era dari theAsianparent, berikut adalah rinciannya.

·         Kerap menirukan perilaku orang tuanya.

·         Mengerti atau memahami ucapan orang dewasa.

·         Punya rasa ingin tahu yang tinggi. Inilah salah satu sebab anak satu tahun kerap berganti-ganti mainan atau mencoba-coba beragam mainan.

·         Mampu mengantisipasi tindakan orang dewasa, misalnya mengulurkan tangan saat orang tuanya akan menggendongnya.

·         Menyuarakan atau menggumamkan kata-kata tertentu yang dia dengar dengan cara yang bisa dilakukan oleh si anak atau dengan bahasanya sendiri.

·         Mulai mengekspresikan diri, misalnya senyum, memeluk, menepuk, dan mencium.

Rekomendasi Mainan Anak 1 Tahun

·         Mainan berbentuk atau bertema hewan

 Ilustrasi mainan berbentuk hewan (unsplash)

Mainan anak jenis ini bisa dimainkan oleh anak sambil duduk. Mainan ini mampu melatih daya imajinasi, daya ingat (nama-nama binatang serta bentuknya), serta mengembangkan rasa ingin tahu anak.

·         Mobil-mobilan

Jenis mainan ini bisa berupa mainan berukuran sedang hingga yang bisa dinaiki. Mainan ukuran sedang dinilai lebih aman dan tidak mudah hilang. Mobil-mobilan mampu melatih gerakan motorik anak dan daya imajinasi anak karena bisa berpetualang dengan mobil tersebut.

Sementara, mobil yang bisa dinaiki memiliki manfaat lain berupa melatih daya motorik kaki anak. Anak juga bisa belajar mengenai berbelok, jalan, berhenti, dan hal-hal lain terkait kendaraan.

·         Rumah-rumahan untuk dimasuki

Mainan ini mampu meningkatkan daya imajinasi anak. Rasa ingin tahu anak juga akan berkembang sehingga daya kritisnya terlatih. Selain itu, anak bisa memainkan mainan ini dengan lebih aktif, meski tidak seaktif mobil-mobilan yang bisa dinaiki.

·         Balok besar (mega bloks)

Mainan ini bisa menjadi alat untuk melatih kecerdasan anak. Mainan ini dimainakan dengan kegiatan memasang dan membongkar. Imajinasi anak bisa terlatih dengan mainan jenis ini.

·         Mainan pengenalan warna, bentuk, dan huruf

Ilustrasi mainan anank 1 tahun warna dan bentuk (unsplash)

Mainan ini bisa melatih ingatan anak. Selain itu, daya imajinasi dan logika anak juga bisa terlatih saat memainkannya.

·         Mainan musik sederhana

Mainan jenis ini mampu melatih kemampuan seni anak. Selain daya motorik, anak juga mampu mengenal berbagai nada.

·         Buku pop up

Mainan jenis ini akan melatih kemampuan kognitif dan bahasa anak. Anak juga berlatih soal berbagai hal baru—tergantung tema buku yang dibeli. Daya imajinasi anak juga akan berkembang.

Itulah beberapa jenis mainan anak 1 tahun yang bisa Anda berikan kepada buah hati tercinta. Jangan biarkan masa golden age anak tersia-siakan, apalagi teracuni hal-hal yang buruk karena belum masanya, seperti gawai.  

Rekomendasi