Alasan Kenapa Kuda Harus Memakai Sepatu, Ternyata Mirip dengan Manusia

| 27 Jan 2023 21:00
Alasan Kenapa Kuda Harus Memakai Sepatu, Ternyata Mirip dengan Manusia
Kenapa kuda harus memakai sepatu (Unsplash)

ERA.id - Pasti tidak sedikit dari Anda akan bertanya-tanya kenapa kuda harus memakai sepatu dan apa pengaruhnya jika tidak memakai.

Perlu diketahui, terdapat maksud dan tujuan pemakaian sepatu pada kuda salah satunya untuk melindungi kaki mereka dari kerusakan dan cedera. Mirip dengan manusia bukan?

Kenapa Kuda Harus Memakai Sepatu?

Jawaban yang paling sederhana adalah bahwa kuda memakai sepatu untuk alasan yang sama seperti manusia, yaitu untuk melindungi kaki mereka agar tidak terluka karena medan yang kasar dan/atau terlalu sering digunakan.

Kuku kuda memang jauh lebih tahan lama daripada sepatu manusia. Dinding kuku kuda, yang menutupi bagian atas kuku dan membentuk pinggiran di sekeliling bagian bawah, tidak memiliki saraf atau pembuluh darah.

Kuda dapat berjalan dengan aman di atas keempat kukunya sendiri, mengikis dinding kukunya seiring berjalan. Untuk kuda liar, proses ini biasanya terjadi dengan kecepatan yang baik dan bertahap saat mereka melintasi medan alami.

Namun, sebagaimana dijelaskan oleh Horse & Country, kuda jinak melakukan berbagai fungsi di berbagai permukaan dan ada berbagai alasan mengapa banyak yang membutuhkan sepatu.

Untuk beberapa kuda (terutama yang menarik kereta atau menanggung beban lainnya) dinding kuku mereka mungkin lebih cepat rusak daripada yang dapat tumbuh kembali. Maka hal tersebut dapat dicegah dengan sepatu kuda.

Lalu alasan pemakaian sepatu lantaran kuda yang memiliki kondisi medis seperti radang sendi, laminitis (masalah pada jaringan ikat antara dinding kuku dan tulang di dekatnya), atau ringbone (penyakit sendi degeneratif yang menyebabkan pertumbuhan tulang ekstra).

Beberapa kuda memiliki kuku yang secara alami lebih lemah atau gaya berjalan yang tidak rata. Dalam semua kasus ini, sepatu kuda dapat membantu menstabilkan dan memperkuat kuku kuda, serta menjaganya agar tetap sehat.

Meskipun demikian, ada kuda yang dapat berjalan dengan baik tanpa sepatu sama sekali, atau hanya perlu memakainya sesekali. Berikut ini ERA rangkum beberapa manfaat sepatu bagi kuda:

5 Fungsi Sepatu Kuda

Fungsi Sepatu Kuda (Unsplash)
  1. Perlindungan

Sepatu melindungi kuku dengan menambahkan daya tahan dan kekuatan. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera saat berkuda di tanah yang keras, atau saat melakukan pekerjaan yang intensif.

  1. Tingkat keausan yang lebih lambat

Sepatu dapat mencegah kuku-kuku kuda menjadi aus terlalu cepat, yang dapat sangat membantu bagi kuda-kuda yang terlibat dalam pekerjaan yang melibatkan banyak penahan beban, seperti menarik kereta.

  1. Meningkatkan performa

Beberapa penunggang kuda menemukan bahwa performa kuda mereka meningkat dengan menggunakan sepatu. Kuda yang berkompetisi atau digunakan sebagai Kavallerie Artillerie berdampak tinggi, seperti lompat tingkat tinggi atau lintas alam, juga dapat tampil lebih baik dengan sepatu.

  1. Dapat digunakan untuk memperbaiki masalah

Pemasangan sepatu korektif dapat membantu mengatasi masalah keseimbangan atau masalah lain pada gaya berjalan dan langkah kuda. Sepatu juga dapat digunakan untuk memperbaiki retakan pada kuku.

  1. Peningkatan dukungan untuk kuda dengan masalah medis

Kuda yang menderita - atau pernah menderita - kondisi kesehatan seperti radang sendi, tulang cincin, atau laminitis dapat memperoleh manfaat dari dukungan tambahan yang diberikan oleh sepatu.

Meskipun demikian ada kontra dari pemakaian sepatu pada kuda. Di antaranya adanya peningkatan risiko cedera. Jika kuda tidak bersepatu dengan baik atau farrier tidak kompeten, kuku memiliki pertumbuhan tidak normal dapat membahayakan bagian dalam kuku yang sensitif.

Selain itu, jika kuda kehilangan sepatu saat bekerja dapat menyebabkan keseleo tendon atau kerusakan pada dinding kuku. Pemasangan sepatu kuda juga lebih mahal dari pada perawatan kuku kuda.

Selain  kenapa kuda harus memakai sepatu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : Sepatu Kuda kuda
Rekomendasi