Jenis Tanaman Hias Gantung yang Direkomendasikan untuk Penghias Rumah Anda

| 20 Jan 2023 09:14
Jenis Tanaman Hias Gantung yang Direkomendasikan untuk Penghias Rumah Anda
Ilustrasi jenis tanaman hias gantung (Foto: Pixabay)

ERA.id - Beberapa tahun terakhir, tanaman hias menjadi hobi favorit sebagian besar orang sebagai penghias ruangan di luar dan dalam rumah. Namun, tentunya agak repot juga jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup luas dan harus memajang tanaman hias di lantai rumah. Tapi tak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan memilih jenis tanaman hias gantung. Selain dapat menjadikan rumah Anda lebih indah, tanaman hias gantung juga tidak makan tempat.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Ilustrasi tanaman hias untuk pot gantung (Freepik/wirestock/ArthurHidden)

Di bawah ini adalah beberapa referensi jenis tanaman hias gantung yang bisa menghias rumah Anda agar tampak asri.

Tanaman Hias Gantung Sedum Morganianum

Sedum Morganianum atau kaktus anggur ini memang tergolong unik dan terlihat cantik karena bentuknya yang menjuntai. Di Indonesia sendiri, tanaman gantung ini dikenal dengan nama ekor keledai.

Tanaman Hias Gantung Jenggot Putih

Tanaman gantung jenggot putih atau Spanish Moss merupakan tanaman yang biasa tumbuh di pepohonan. Bentuknya seperti rumput atau tali kusut yang menjuntai ke bawah, jika di alam liar, burung memanfaatkannya untuk membuat sangkar, tapi laba-laba juga suka menjadi penghuni tanaman jenggot putih.

Tanaman Hias Gantung Million Hearts

Tanaman gantung Million Hearts ini masih sejenis dengan Dischidia Geri. Hal yang membedakan adalah, tanaman million hearts ini berbentuk hati. Ia akan tetap cantik jika terpapar cahaya yang hangat saja, alias medium light.

Tanaman Hias Gantung Begonia

Dalam keluarga Begoniaceae, Begonia merupakan genus dari tanaman berbunga abadi. Tanaman hias gantung Begonia menjadi populer karena bentuknya yang padat serta bentuk dari bunga hingga daunnya yang begitu indah.

Tanaman Hias Gantung Dischidia Geri

Warna keseluruhan dari Dischidia Geri atau terkenal dengan nama apple leaf ini memang hijau dan dedaunan. Agar tanaman gantung Dischidia Geri awet, sebaiknya hindari untuk menggantungnya di depan jendela dan dekat pintu. Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Agar tanaman gantung Dischidia Geri Anda tetap indah dan tidak stres, hindari menggantungnya di tempat terpapar sinar matahari yang cukup terik.

Tanaman Hias Gantung Kaktus

kaktus juga dapat Anda jadikan sebagai tanaman gantung. Anda tinggal memilih berbagai jenis kaktus yang beragam dan selanjutnya pilih pot gantung berbentuk menarik dan berwarna cantik.

Tanaman Hias Gantung Sirih Blaster Heart

Sesuai dengan namanya, tanaman gantung Sirih Blaster Heart ini memang masih ‘keluarga’ daun sirih. Daunnya yang berbentuk hati ini memiliki tekstur yang lebih licin ketimbang daun sirih yang biasa kita temui di halaman luar rumah.

Tanaman Hias Gantung Scindapsus

Tanaman Gantung Scindapsus atau daun satin ini serupa dengan sirih gading. Untuk merawatnya, Anda harus sesekali mengeluarkan tanaman agar terpapar cahaya matahari dan mempercantik warna daunnya.

Tanaman Hias Gantung Peperomia Hope

Tumbuhan Peperomia Hope termasuk dalam jenis tanaman sukulen. Bentuknya yang pipih, bulat dan kelopaknya yang berbentuk daun ini perawatannya cukup mudah. Jika warna daunnya hijau gelap, berarti ia sudah cukup terpapar sinar matahari, Anda harus memosisikannya di tempat yang hangat.

Tanaman Hias Gantung Zygocactus

Jika beberapa tanaman gantung tidak terlalu sering terpapar sinar matahari, tanaman gantung Gantung Zygocactus justru akan lebih maksimal pertumbuhannya karena sinar matahari. Namun, Anda harus bersabar jika ingin menyaksikan keindahan bunganya yang akan muncul.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa jenis tanaman hias gantung yang bisa Anda koleksi atau pilih sebagai penghias rumah Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi