Sambut Ramadhan, 5 Tips Percantik Rumah dengan Corak Geometris Ala Ubin Ottoman

| 14 Mar 2023 08:01
Sambut Ramadhan, 5 Tips Percantik Rumah dengan Corak Geometris Ala Ubin Ottoman
Dekorasi ruang nuansa Ramadhan (Dok. IKEA)

ERA.id - Tidak terasa Ramadhan akan segera tiba. Selama sebulan penuh, umat Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan menjalankan ibadah puasa. Di Indonesia, Ramadhan ditandai dengan berbagai tradisi, salah satunya adalah buka puasa bersama dengan keluarga, teman, maupun rekan kerja yang bisa dilakukan di mal, restoran, dan tentunya di rumah.

Baik sendiri maupun bersama keluarga dan kerabat, menjelang bulan suci ini tentunya banyak kegiatan yang akan dilakukan seperti memasak untuk sahur dan buka puasa, menyantap berbagai hidangan nikmat, dan mempersiapkan rumah untuk menyambut para tamu. Oleh karena itu, dibutuhkan rumah yang bersih dan nyaman untuk menciptakan suasana yang berkesan bagi diri sendiri dan orang lain.

Untuk menambah semarak Ramadhan, Communication and Public Relations Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki mengatakan, corak geometris ubin Ottoman yang terdapat di Masjid Biru, Istanbul, Turki cukup rekomen untuk dijadikan inspirasi.

"Kami sadar bahwa bulan Ramadhan merupakan salah satu perayaan dan momen paling berkesan. Melalui koleksi GOKVÄLLÅ, IKEA percaya bahwa masyarakat Indonesia dapat menciptakan rumah yang lebih nyaman sehingga dapat merayakan tradisi berkumpul bersama keluarga dan kerabat dengan suasana yang lebih khusyuk dan penuh kehangatan," ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima Era.id.

Tidak hanya menghadirkan corak geometris berwarna emas dan perak, namun Desainer IKEA Maria Vinka yang merancang koleksi ini turut memadukannya dengan warna-warna netral untuk memberi sentuhan Skandinavia yang simpel nan elegan.

Yuk, simak tips untuk mempersiapkan rumahmu menjelang Ramadhan.

1. Gunakan set teatime cantik untuk minum teh hangat setelah seharian berpuasa

Sebagian orang terbiasa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berbuka puasa dan banyak orang memilih segelas teh hangat untuk mendapatkan rasa rileks dan tenang setelah sehari penuh menahan haus dan lapar.

(Dok. IKEA)

“Table setting yang indah akan membuat kerabatmu semakin mengapresiasi makanan dan minuman yang dihidangkan. Teko gelas gelas yang serasi dengan pola lavender  menawan sangat cocok untuk menghidangkan minuman favoritmu dan keluarga saat berbuka puasa,” kata Maria Vinka.

2. Jadikan menu buka puasamu sebagai pusat perhatian dengan mangkuk saji bermotif belah ketupat

Selama Ramadhan, makanan menjadi fokus utama setiap harinya. Baik opor, rendang, gulai, maupun hidangan nikmat lainnya, sajikan di dalam mangkuk saji. Dilengkapi dengan tutup untuk menjaga agar makananmu tetap hangat dan bisa disimpan untuk hari esok!

(Dok. IKEA)

“Menyantap makanan dengan keluarga dan teman merupakan cara yang indah untuk merayakan bulan suci Ramadan, dan mangkuk saji yang cantik akan membuat momen ini semakin meriah. Produk ini pun mudah untuk dipadupadankan dengan peralatan makan lain yang sudah kamu miliki di rumah,” tambah Maria Vinka.

3. Hias ruang makanmu agar terlihat semakin meriah dengan taplak dan vas bunga cantik

Tampilan meja makan akan terlihat lebih indah dengan menambahkan taplak meja dan serbet yang disulam dengan benang warna emas dan jumbai berwarna senada, sehingga cocok untuk dipasangkan dengan porselen dan tekstil. Meja makan yang rapi, bersih, dan indah akan meningkatkan gairah makan dan memberikan rasa menyenangkan sehingga obrolan di dalam keluarga terasa lebih hangat, harmonis, dan nyaman.

(Dok. IKEA)

Selain itu, agar lebih segar, kamu bisa menambahkan vas bunga berbahan kaca dengan aksen emas dan mengisinya dengan bunga-bunga segar untuk memberikan aksen alam pada meja makanmu. Jika meja makanmu berukuran relatif besar, maka kamu bisa meletakkannya di tengah meja makan. Sebaliknya, jika mejanya kecil, tempatkan vas bunga di salah satu area di ruang makan untuk mencegah kesan sempit dan terlalu penuh. Vas bunga ini juga bisa kamu gunakan di ruang tamu dan ruangan lainnya sepanjang tahun selepas Ramadan dan Idul Fitri usai, lho!

4. Pilih gorden dan sarung bantal berdesain simpel untuk mood ruang keluarga yang lebih homey

Pemilihan gorden yang tepat dapat menghadirkan nuansa baru ke dalam ruangan. Ditambah dengan kombinasi sarung bantal kursi berwarna senada mampu menjadikan momen kumpul bersama keluarga lebih akrab dan menyenangkan.

(Dok. IKEA)

Selain itu, salah satu langkah paling mudah untuk level up tampilan ruang keluargamu adalah dengan mengganti sarung bantal di sofa. Tidak hanya sebagai pelengkap, bantal-bantal ini juga berguna bila kamu kedatangan banyak tamu. Cukup sebar beberapa bantal tambahan di karpet agar tamu atau keluarga dapat duduk dengan nyaman.

5. Terangi rumah dengan lampu beraksen bulan agar momen berkumpul semakin bermakna

Bulan puasa dan lebaran identik dengan hiasan bertema taburan bintang dan bulan. Oleh karena itu, lentera yang menjadi pilihan tepat untuk menciptakan suasana yang tentram dan nyaman. Dioperasikan dengan baterai, lampu ini dapat kamu letakkan di coffee table atau pinggir jendela untuk menciptakan suasana yang nyaman.

(Dok. IKEA)

Nah, itulah tips mempercantik rumah untuk menambah semarak selama suasana Ramadhan.

Rekomendasi