Daftar Ide Bisnis di Bulan Ramadan untuk Memaksimalkan Peluang Momental

| 23 Mar 2023 07:25
Daftar Ide Bisnis di Bulan Ramadan untuk Memaksimalkan Peluang Momental
Ilustrasi es doger, salah satu ide bisnis di bulan Ramadan (antaranews)

ERA.id - Salah satu esensi dari bulan Ramadan adalah menahan hawa nafsu. Namun, cukup banyak masyarakat Indonesia yang malah mengeluarkan banyak uang saat bulan suci umat Islam ini datang (bukan untuk sedekah). Tanpa disengaja, hal tersebut mendatangkan peluang dan ide bisnis di bulan Ramadan.

Tingginya tingkat konsumsi pada bulan Ramadan bisa disambut dengan pembukaan bisnis dadakan. Bisnis tersebut bisa berkaitan dengan bulan Ramadan itu sendiri, bisa juga dengan Idulfitri. Berikut ini Era.id tawarkan beberapa ide bisnis yang mungkin bisa Anda lakukan.

Berbagai Ide Bisnis di Bulan Ramadan

1.    Jual minuman segar

Banyak orang yang ngabuburit dengan berburu makanan dan minuman yang segar. Ini bisa menjadi peluang usaha yang baik. Anda bisa menjual salah satu jenis minuman segar yang manis, seperti es buah, es doger, kolak, es dawet, es cincau, es kelapa muda, jus, dan sebagainya.

Pemilihan jenis minuman dan lokasi yang tepat bisa mendatangkan keuntungan meski modalnya tidak besar. Secara umum, Anda bisa memulai usaha ini dengan modal Rp500.000 ke bawah (tergantung jenis usaha). Anda bisa jualan langsung di pinggir jalan atau di lokasi yang menjadi sentra kuliner.

2.    Jual gorengan

Jual gorengan, salah satu ide bisnis di bulan Ramadan (antaranews)

Gorengan hampir susah dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Meski kudapan ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan juga dikonsumsi secara berlebihan, nyatanya gorengan tetap jadi primadona masyarakat. Tak sedikit orang yang memilih gorengan untuk dijadikan menu berbuka puasa bersama keluarga.

Modal yang dibutuhkan untuk melakukan usaha ini juga tidak terlalu besar. Ada banyak jenis gorengan yang bisa Anda pilih sebagai usaha, seperti tahu isi goreng, tempe goreng tepung, pisang goreng tepung, tahu bakso goreng, singkong goreng, ubi goreng, nangka goreng, dan sebagainya.

3.    Jual perlengkapan ibadah

Bulan Ramadan menjadi waktu yang baik bagi umat Islam untuk memperbaiki dan memperbanyak ibadah. Hal tersebut membuat permintaan perlengkapan alat ibadah meningkat, baik untuk menggantikan alat ibadah yang sudah rusak maupun hanya ingin yang baru.

Terkadang, permintaan akan perlenkapan ibadah meningkat karena konsumen ingin menggunakannya pada Idulfitri. Beberapa contoh alat ibadah yang bisa Anda jual antara lain sarung, mukena, sajadah, Al-Qur’an, kopiah, dan tasbih.

4.    Katering

Tak semua orang bisa atau mau menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa. Ini menjadi peluang bagi Anda untuk membuka usaha katering. Salah satu pasar yang paling menjanjikan adalah para mahasiswa yang merantau dan berekonomi menengah ke atas. Promosi yang baik dan menjaga kualitas makanan menjadi poin penting agar usaha ini berhasil. 

5.    Korean street food

Hal yang berbau Korea Selatan menjadi buruan anak muda saat ini, terutama perempuan. Ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk membuka usaha korean streed food.

Hal ini bisa lebih menarik jika harga yang ditawarkan bersahabat dengan kantong. Masyarakat bisa menjadikannya bukaan atau makanan untuk disantap setelah tarawih. Beberapa jenis makanan yang bisa Anda jual antara lain tteokbokki, odeng/eomuk, garlic bread, dan gamja hot dog.

6.    Jual kurma

Kurma menjadi salah satu makanan yang identik dan dianjurkan untuk disantap pada bulan Ramadan. Kurma mengandung karbohidrat kompleks, vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk kesehatan, terutama bagi orang yang sedang berpuasa.

Berjualan kurma menjadi salah satu ide bisnis di bulan ramadan yang berpeluang mendatangkan keuntungan. Ada banyak jenis kurma yang bisa Anda jual, misalnya kurma ajwa, kurma medjool, kurma degleet noor, kurma sukkari, kurma safawi, dan kurma lulu.

Rekomendasi