Ceritakan Perjalanan Spirtual, Dian Sastro Beberkan Alasan Mualaf: Gue Tanyain Pendeta hingga Biksu Merasa Tak Terjawab

| 15 May 2023 15:55
Ceritakan Perjalanan Spirtual, Dian Sastro Beberkan Alasan Mualaf: Gue Tanyain Pendeta hingga Biksu Merasa Tak Terjawab
Dian Sastro (Foto: Instagram/@therealdisastr)

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan viralnya kembali potongan video alasan Dian Sastrowardoyo untuk mualaf atau pindah agama menjadi Islam. Dian Sastro lahir dari orang tua yang berbeda agama. Ayahnya penganut Budha dan ibunya memeluk agama Katolik.

Kepada Daniel Manata, Dian Sastro mengaku banyak mempelajari banyak agama saat usianya menginjak 17 tahun. Istri Maulana Indraguna ini telah melewati perjalanan spiritual yang cukup panjang.

"Gue juga nggak nyangka terus terang. Dan menarik adalah gue percaya sama jodoh-jodohan yah. Jadi pas gue cari spiritual itu gue punya pertanyaan labil banget umur 17 tahun," ujar Dian Sastro, dikutip dari akun TikTok @mystory453.

Dian Sastro (Foto: TikTok/@mystory453)
Dian Sastro (Foto: TikTok/@mystory453)

Lalu, bintang film Ada Apa Dengan Cinta ini bertanya mengapa Tuhan harus menciptakan manusia jika berujung kiamat. Ia bahkan bertanya kepada sederet pemuka agama untuk menjawab rasa penasarannya.

"Kayak universe gede banget, kita segelintir debu, ngapain perlu ada sih? Ribet amat gito loh. Nanti juga mau kiamat repot banget pakai ada hidup gitu dengan drama hidup gue. Nggak usah aja sekalian. Nggak usah ada sekalian. Pertanyaan filosofi banget," ucapnya.

"Dan itu gue tanyain ke pendeta, pastor, biksu, ke agama Hindu. Pokoknya macem-macem. Dan jawaban mereka macem-macem, tapi nggak tahu kenapa waktu itu nggak pernah sampai benar-benar merasa terjawab dengan cara jawab mereka berbeda-beda," paparnya.

"Karena pastinya juga nggak pernah dijawab benar-benar pasti, kiasanlah apalah gitu-gitu kan," tambahnya.

Namun, Dian Sastro akhirnya mendapatkan jawaban yang memuasakan rasa hatinya saat bertemu dengan ustaz. Kala itu, wanita berusia 41 tahun ini ikut pengajian bersama bibinya.

"Cuma ada satu yang nggak gue nyangka banget, tante gue ngajakin gue ke pengajian dia. Terus di situ ada pak ustaz yang jawabannya logis banget. Gue kan anak filsafat gue perlu jawaban logis," tuturnya.

"Jawabannya terhadap pertanyaan gue itu bikin gue nyes banget. Tapi gue lupa jawaban dia apa. Sorry mohon maaf. Nanti gue tanya ke pak ustaz itu lagi," tambahnya.

Dian Sastro ingat sang ustaz menjawab dengan tiga kitab suci, yaitu Al-Quran, Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

"Dia menjawabnya pakai Al-Quran dan kitab Injil perjanjian baru dan perjanjian lama. Dia mengajarin toleransi. Terus gue mau belajar sama bapak ini karena pemikirannya dalem banget dan bisa memuaskan dahaga penasarannya gue," paparnya.

"Dia ngajakin kita baca ini. Bayangin ketiga kitab ini dari Tuhan yang sama. Jadi yang perlu kita cari itu adalah hikmahnya," lanjutnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka memuji Dian Sastro yang mualaf karena mendapatkan hidayah dari Allah SWT.

"Orang cerdas selalu mendapatkan hidayah dari Allah SWT karena mereka terus akan mencari kebenaran dan jawaban yang logis dan masuk akal," komentar akun @kmgyas*****

"MasyaAllah Dian udah cantik, Allah SWT memberikanmu hidayah yang luar biasa!!! Semoga menjadi mualaf yang sholehah, amal ibadahnya diridhoi Allah SWT," tulis akun @dinysupar*****

"MasyaAllah tabarokAlloh merinding banget. Semoga istiqomah." lanjut akun @fahir*****1

Rekomendasi