9 Artis Indonesia yang Mualaf dengan Alasannya Masing-Masing

| 10 Nov 2022 20:01
9 Artis Indonesia yang Mualaf dengan Alasannya Masing-Masing
Ilustrasi orang Islam berdoa (unsplash)

ERA.id - Mualaf merupakan orang yang baru masuk Islam. Jika ada artis Indonesia yang mualaf, warganet segera menaruh perhatian lebih kepada mualaf tersebut. Tak heran, sebab Indonesia merupakan negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia.  

Perjalanan dan pengalaman spiritual masing-masing orang berbeda, tak terkecuali artis. Tak jarang, inilah yang membuat para artis memilih berpindah agama. Dikutip Era dari republika.co.id, berikut adalah deretan artis Indonesia yang menjadi mualaf.

Daftar Artis Indonesia yang Mualaf

1. Dian Sastrowardoyo

Dian Sastro (Instagram @disastr.)

Siapa yang tak kenal dengan aktris cantik ini? Dian Sastrowardoyo diketahui mulai memeluk Islam pada tahun 2006. Salah satu hal yang membuatnya tergerak untuk masuk Islam adalah pengalaman mengikuti pengajian bersama tantenya.

Ketika itu, Dian bertemu dengan seorang ustaz yang mampu memberikan jawaban dari pertanyaan mengenai alam semesta. Penjelasan yang diberikan oleh sang ustaz logis sehingga hati Dian terketuk.

2. Reza Rahadian

Reza Rahadian juga seorang mualaf. Dia mengaku menjadi mualaf karena panggilan hati. Reza memutuskan untuk memeluk Islam saat usianya 19 tahun.

Ketika itu, dia menjadi satu-satunya orang di keluarganya yang memeluk agama Islam. Ibu dan adiknya tetap beragama Kristen.

3. Roger Danuarta

Roger Danuarta memutuskan menjadi mualaf pada tahun 2018. Hal tersebut dia lakukan sebelum menikah dengan Cut Meyriska pada 2019. Menurutnya, caranya memandang agama adalah keyakinan dirinya berususan dengan Tuhan.

4. Deddy Corbuzier

Perpindahan agama Deddy menjadi salah satu momen yang cukup menyita perhatian warganet. Dia memutuskan menjadi mualaf pada 21 Juni 2019. Dalam proses menjadi pemeluk Islam, dia didampingi oleh Gus Miftah.

Deddy memeluk Islam tanpa ada paksaan. Hal tersebut juga diterapkan kepada keluarganya. Dia membebaskan keluarganya untuk menentukan pilihan terkait agama yang diyakini.

5. Christian Sugiono

Titi Kamal dan Christian Sugiono merupakan pasangan selebritas yang menyita perhatian. Sebelum menikah, keduanya terbentur keadaan sehingga menjalin hubungan jarak jauh. Selain itu, keduanya memiliki keyakinan yang berbeda.

Namun, Christian Sugiono kemudian memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah dengan Titi Kamal. Hingga saat ini, hubungan rumah tangga keduanya tak pernah diterpa kabar miring.

6. Virgoun Tambunan

Virgoun Tambunan memutuskan menjadi seorang muslim pada tahun 2014. Terkait kepindahan keyakinannya, Virgoun mengaku ada campur tangan dari kakak iparnya, Inara Idola Rusli.

Awalnya, Inara bertanya, apakah Virgoun benar-benar serius dengan adiknya, mengingat keduanya punya keyaninan yang berbeda. Setelah melakukan diskusi terkait agama, Virgoun kemudian memeluk Islam. Hal tersebut didampi oleh almarhum ustaz Syeckh Ali Jaber.

7. DJ Butterfly

 DJ Butterfly (Instagram DJ Katty Butterfly)

DJ Butterfly dikenal sebagai orang yang lekat dengan dunia malam. Meski demikian, dia menemukan jalan untuk menjadi seorang muslimah. DJ Butterfly memeluk Islam pada 29 Oktober 2020 dengan bimbingan Gus Miftah.

8. Nathalie Holscher 

Nathalie Holscher telah bercerai dengan Sule, komedian. Nathalie menjadi mualaf sebelum menikah dengan pelawak yang memiliki ciri khas rambut pirang itu. Nathalie memeluk Islam pada 25 September 2020 dengan Sule sebagai saksinya. Setelah menjadi mualaf, Nathalie mengubah penampilannya dengan berhijab dan menghapus tato. 

9. Dewi Sandra

Dewi Sandra menjadi mualaf pada tahun 2000, yaitu saat mau menikah dengan Surya Saputra. Namun, setelah dia bercerai dan menikah dengan Glenn Fredly, di meninggalkan Islam. Rupanya, rumah tangganya lagi-lagi bermasalah sehingga kembali melakukan perceraian pada 2009. 

Setelah itu, Dewi Sandra memeluk Islam. Dia kembali menjadi muslim jauh sebelum menikah dengan suami ketiganya, Agus Rahman.

Itulah deretan artis Indonesia yang mualaf. Terlepas dari apa yang menjadi alasan para artis memeluk agama Islam, agama adalah urusan pribadi antara individu dengan Tuhan.

Rekomendasi