Doa Minum Air Zamzam dan Penelitian Soal Air Zamzam

| 26 May 2023 14:02
Doa Minum Air Zamzam dan Penelitian Soal Air Zamzam
Ilustrasi orang sedang minum air zamzam (situs resmi BPKH)

ERA.id - Air zamzam adalah air yang punya keistimewaan dan keberkahan. Air ini tidak hanya bisa menghilangkan haus, tetapi juga mengandung mineral alami yang baik untuk kesehatan. Bagi umat Islam, sebelum meminumnya sebaiknya membaca doa minum air zamzam agar mendapatkan keberkahan dari Allah Swt.

Doa Minum Air Zamzam

Dalam bahasa Arab, zamzam memiliki makna "melimpah" atau "banyak". Sumur zamzam berada di kawasan Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Mata air zamzam sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tepatnya masa Nabi Ibrahim a.s. dan eksis hingga saat ini (meski pernah terkubur).

Berbagai kisah dan kebaikan mengiringi perjalanan sumur zamzam melintasi waktu untuk akhirnya bisa sampai zaman sekarang. Umat muslim sebaiknya membaca doa sebelum meminumnya agar Allah Swt. memberikan keberkahan yang melimpah.

Dikutip Era.id dari situs NU, berikut ini adalah doa yang bisa dibaca sebelum minum air zamzam, lengkap dengan artinya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَامٍ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma inni as'aluka i'lman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in, wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari setiap penyakit dengan rahmat-Mu. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Hasil Penelitian Air Zamzam

Air zamzam dalam kemasan botol (situs resmi Kemenag RI)

Sudah sejak lama para ilmuan dari berbagai negara melakukan penelitian terhadap air zamzam. Salah satu hasil yang didapat adalah fakta bahwa air zamzam bebas dari kuman dan bakteri. Dengan demikian, air ini aman untuk dikonsumsi secara langsung—tanpa melalui pemasakan.

Berdasarkan buku Pintar Sains dalam Al-Quran karya Nadiah Thayyarah, air zamzam adalah air paling murni di dunia. Ketika air zamzam disorot menggunakan sinar ultraviolet, air ini tidak mengandung kuman dan bakteri yang biasanya ada pada jenis air yang lain.

Kandungan yang ada adalah mineral-mineral yang baik. Beberapa mineral pada air zamzam adalah kalsium, bikarbonat, magnesium, potasium, dan sodium. Dengan demikian, dapatlah dipahami bahwa air ini bukan hanya istimewa dalam tinjauan agama, tetapi juga sains.

Rekomendasi