Kucing Buang Kotoran Sembarangan? Cari Tahu Penyebabnya dan Lakukan Ini

| 04 Sep 2023 07:05
Kucing Buang Kotoran Sembarangan? Cari Tahu Penyebabnya dan Lakukan Ini
Ilustrasi kucing (Freepik/vecstock)

ERA.id - Salah satu hewan peliharaan yang dipilih oleh kebanyakan orang adalah kucing. Hewan jenis ini memang menjadi peliharaan favorit karena menggemaskan dan bisa menjadi pelepas stres, terlebih bagi seorang pekerja yang sibuk dengan rutinitas hariannya. Namun, terkadang perilaku kucing juga cukup membuat repot, salah satunya saat mereka buang kotoran sembarangan. Dalam artikel ini, akan dibahas bagaimana mengatasi kucing buang kotoran sembarangan.

Selain menjijikkan, kotoran kucing juga mengeluarkan aroma menyengat yang sangat mengganggu dan tidak sehat untuk udara ruangan. Banyak orang yang mengeluhkan perilaku kucing yang sering buang air besar sembarangan. Sebab, kucing merasa sudah nyaman dengan perilaku tersebut.

Apakah Anda tahu cara mengatasi kucing yang gemar buang kotoran sembarangan? Meski sudah dilatih atau dibiasakan, ada beberapa penyebab kucing buang kotoran sembarangan. Alasan yang melatarbelakangi perilaku kucing tersebut antara lain karena masalah kesehatan, stres, merasa wilayahnya terancam, litterbox kotor, dan tidak nyaman dengan jenis dan bau pasirnya.

Ilustrasi (Foto: iStockphoto)

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Simak penjelasan di bawah ini.

Bersihkan bekas kotoran secara menyeluruh

Anda bisa membersihkan dengan menyeluruh bekas kotoran kucing di mana ia buang kotoran sembarangan. Jangan sampai bau kotoran kucing peliharaan masih tertinggal sehingga berpotensi membuat kucing mengulangi hal tersebut.

Memeriksa Pasir

Anda juga diharuskan memeriksa pasir, apakah kucing senang dengan pasirnya. Entah itu aroma atau teksturnya. Jika ingin mengganti pasir, pastikan Anda sudah mencampurkan sedikit dengan pasir yang sudah digunakan sebelumnya agar masih ada aroma kucing yang tertinggal.

Periksa Kotak Pasir

Anda juga bisa memeriksa kotak pasir kucing atau litterbox, sebab kucing adalah hewan yang lebih senang dengan kebersihan. Jika kotak pasir mereka kotor, kucing tidak akan mau menggunakannya.

Selain itu, kucing juga tidak suka dengan ukuran kotak pasir yang terlalu kecil.

Anda juga disarankan untuk meletakkan kotak pasir di pojok yang tidak ramai dan terbuka, agar kucing merasa lebih nyaman saat buang kotoran. Sediakan juga kotak pasir lebih dari satu. Misalnya, jika Anda memiliki dua ekor kucing peliharaan, sebaiknya sediakan 3 kotak pasir.

Kembali Melatih Kucing

Sebaiknya latih kembali kucing untuk buang kotoran pada tempatnya. Walaupun susah dan melelahkan, tapi lakukan hal ini dengan konsisten dan sabar.

Cari Tahu Penyebab

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kucing buang kotoran sembarangan.

Anda bisa mengurangi potensi yang dapat menimbulkan stres pada kucing, ajak mereka bermain dan memerhatikannya lebih sering. Jika masih belum berhasil, Anda bisa konsultasi ke tenaga profesional seperti dokter hewan.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kucing buang kotoran sembarangan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi