Kenali Macam-Macam Ukuran Koper Sebelum Membeli

| 11 Aug 2023 23:04
Kenali Macam-Macam Ukuran Koper Sebelum Membeli
Ukuran koper (Freepik)

ERA.id - Koper merupakan barang penting yang perlu dimiliki, apalagi bagi Anda yang kerap bepergian. Dengan adanya koper, Anda bisa membawa barang-barang seperti pakaian, produk kosmetik, perangkat elektronik, dan lainnya secara mudah. Saat ingin membeli koper, Anda perlu tahu macam-macam ukuran koper.

Berbagai produk koper yang dijual di pasaran terdiri dari beragam ukuran. Pastikan Anda memilih koper yang memiliki ukuran sesuai kebutuhan Anda untuk membawa barang-barang. Memiliki koper yang tepat akan memudahkan keperluan perjalanan Anda saat ke luar kota maupun ke luar negeri, baik saat liburan, urusan bisnis atau pekerjaan, dan sebagainya. 

Mengenal Macam-Macam Ukuran Koper

Produsen koper membuat dan menawarkan koper dengan bervariasi ukuran untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Semakin besar ukuran koper maka kapasitas penyimpanan lebih luas, begitu pula sebaliknya.

Bagi Anda yang ingin bepergian dengan banyak barang bawaan, tentunya butuh koper berukuran besar. Namun ada juga orang yang hanya perlu memakai koper ukuran kecil karena barang yang dibawa hanya sedikit.

Ukuran koper (Freepik)

Secara umum ada tiga jenis koper yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yaitu koper kabin, koper medium, dan koper besar.

Koper Kabin

Koper kabin juga sering disebut dengan koper overhead. Koper ini didesain untuk dibawa di sebagai bagasi kabin saat perjalanan menggunakan pesawat. Koper ini sangat cocok untuk perjalanan singkat atau perjalanan bisnis yang memerlukan barang bawaan lebih sedikit.

Ukuran koper kabin bervariasi tergantung pada aturan yang diberlakukan oleh tiap maskapai penerbangan. Biasanya, ukuran standar koper kabin mencakup pilihan 16 inci, 18 inci, dan 20 inci.

16 Inci

Tipe koper ini dapat dikategorikan sebagai varian koper dengan dimensi paling kecil. Biasanya, koper kompak ini memiliki ukuran sekitar 30 x 17 x 47 cm. Karena ukurannya yang terbatas, koper berukuran 16 inci ini memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih minim.

18 Inci

Koper ini umumnya memiliki dimensi sekitar 33 x 20 x 43 cm. Koper ini cocok untuk perjalanan singkat hingga menengah, terutama jika Anda memerlukan sedikit lebih banyak ruang penyimpanan tetapi masih ingin menenteng koper berukuran kecil.

20 Inci

Koper dengan ukuran umumnya sekitar 37 x 32 x 56 cm, cocok untuk membawa keperluan selama perjalanan berdurasi sekitar satu minggu. Meski berukuran lebih besar, koper ini tetap bisa dimasukkan ke bagasi pesawat.

Meskipun masih masuk dalam kategori koper minimalis, koper berukuran 20 inci ini mampu menampung barang bawaan dan pakaian dengan berat mencapai 16 kg. Apabila Anda ingin membawanya ke kabin di pesawat, pastikan berat maksimal yang diizinkan biasanya hanya sekitar 7 kg.

Koper Medium

Koper berukuran medium lebih cocok digunakan untuk perjalanan dalam waktu lebih lama, seperti plesri atau liburan selama beberapa minggu, dan perjalanan bisnis dengan barang bawaan lebih banyak.

Walau dimensi bisa berbeda-beda tergantung merek dan modelnya, umumnya koper medimu memiliki panjang sekitar 60-70 cm, lebar 40-50 cm, dan tinggi 25-35 cm.

22 Inci

Koper berukuran 22 inci menjadi koper yang paling sering digunakan dan dianggap sebagai ukuran ideal. Koper ini lebih sering digunakan sebagai koper saat check-in daripada sebagai bagasi kabin. Dengan ruang penyimpanan yang lebih besar, Anda dapat membawa lebih banyak barang, termasuk pakaian, alas kaki, perlengkapan pribadi, dan perlengkapan tambahan.

24 Inci

Koper berukuran 24 inci masih termasuk dalam kategori medium. Meski termasuk koper medium, namun tidak dapat dimasukkan ke dalam kabin. Dimensi koper ini biasanya sekitar 43 x 23 x 63 cm. Koper ini dapat menampung total berat barang hingga 26 kg.

Koper Besar

Kapasitas koper ukuran besar ini cocok untuk keperluan seperti perjalanan jangka panjang, seperti pinda tempat tinggal atau situasi saat Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

28 Inci

Jika Anda memerlukan koper yang besar namun tidak ingin berlebihan saat berpergian, maka pilihan yang tepat adalah koper berukuran 28 inci. Koper ini memiliki tinggi yang setara dengan pinggang orang dewasa. Kemampuan maksimal berat yang dapat diakomodasi oleh koper ini mencapai 35 kg. 

32 Inci

Koper berukuran 32 inci adalah varian terbesar dengan dimensi 51 x 35 x 81 cm. Dengan daya tampung mencapai 45 kg, koper ini sangat cocok digunakan jika Anda berencana untuk bepergian selama sekitar satu bulan atau lebih.

Demikianlah macam-macam ukuran koper yang perlu Anda tahu saat ingin membeli koper. Pastikan Anda memilih koper dengan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda atau keluarga agar keperluan perjalanan Anda semakin dimudahkan dan nyaman. 

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi