Ishana Selalu Overthinking, Dian Sastro Punya Cara Ajarkan Anak Supaya Tetap Percaya Diri

| 23 Aug 2023 10:25
Ishana Selalu Overthinking, Dian Sastro Punya Cara Ajarkan Anak Supaya Tetap Percaya Diri
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Aktris cantik Dian Sastrowardoyo punya cara mengajarkan anak bungsunya, Ishana Ariandra Nariratna Sutowo supaya tetap percaya diri dan tidak selalu overthinking.

Bintang film AADC ini mengaku anak perempuannya itu selalu cemas dan kurang percaya diri dalam bidang akademis, matematika. Berbeda dengan anak pertamanya Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo yang justru pandai di bidang matematika.

"Aku punya dua anak, laki-laki dan cewek. Laki-laki itu matematika jago dan pede. Yang cewek bisa matematika, tapi merasa minder dan selalu merasa nggak bisa matematika," ujar Dian Sastro, saat ditemui di Jl. M.H Thamrin, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (22/8/2023).

Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

Istri Maulana Indraguna Sutowo ini mengatakan putrinya selalu menangis jika tidak bisa menjawab soal matematika. Hal ini membuat sang anak enggan untuk belajar dan mendalami pelajaran matematika.

"Tiap overthinking udah nangis duluan. Misal, nggak bisa nomor 2 atau 3, dia langsung nangis. Perempuan itu punya overthinking, harga diri duluan diutamakan," paparnya.

Perempuan berusia 41 tahun ini memberikan ruang kepada sang anak supaya mempelajari berbagai mata pelajaran dan mencoba kembali meski sudah pernah gagal.

"Anak berpikir 'i'am not good, i'am not smart'. Jangan pernah overthinking dan kita bikin mereka nggak kasih ruang. Kita harus dapat memberikan ruang supaya anak bisa mencoba lagi," jelasnya.

Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)
Dian Sastro (Foto: Era.id/Adelia)

Menurutnya, orangtua menjadi penyemangat anak supaya mau terus belajar dan mengutamakan pendidikan. Sebagai orangtua, Dian Sastro selalu memberikan dukungan penuh untuk kedua anaknya.

"Kita jadi orangtua, supporting anak perempuan. Anak perempuan itu mudah perasa, overthinking. Kita harus bisa jadi support system," bebernya.

"(Bicara ke anak) 'Adek sekarang nggak apa-apa, nggak bisa, tapi nanti kita bisa kok diujian nanti. Yuk coba lagi supaya lebih baik. Hilangin dulu sedihnya'." lanjutnya.

Rekomendasi