Investasi untuk Penghasilan Pas-pasan Susah? Kata Siapa, Simak di Sini

| 25 Aug 2023 22:05
Investasi untuk Penghasilan Pas-pasan Susah? Kata Siapa, Simak di Sini
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

ERA.id - Pada mulanya Anda mungkin merasa bahwa investasi tidak begitu penting. Namun, melihat gaji Anda yang pas-pasan, Anda berpikir, dengan investasi dana untuk kebutuhan sehari-hari Anda akan berkurang. Namun, bagaimana caranya investasi untuk penghasilan pas-pasan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Dengan adanya jenis jenis investasi seperti reksadana, deposito, investasi emas bahkan properti, Anda akan menerima banyak keuntungan karena bunga yang Anda dapatkan dari masing-masing investasi yang dipilih.

Berinvestasi juga dapat membantu Anda terhindar dari risiko inflasi. Jika Anda berinvestasi, Anda tidak akan terdampak risiko inflasi dan pajak yang tinggi, sebab ada aturan yang akan melindungi dan tidak menjadikan Anda rugi.

Tentunya dengan berinvestasi, kesejahteraan pun akan terjamin. Karena meskipun gaji pas-pasan, Anda akan menerima penghasilan tambahan tanpa harus menyita banyak waktu.

Setelah membaca keuntungan yang bisa didapatkan jika berinvestasi dan mulai tertarik untuk memulai, di bawah ini adalah tips untuk mengawali investasi meskipun gaji Anda pas-pasan.

Ilustrasi investasi emas. (Foto: Dok. Antara)

Mulai Membuka Rekening Deposito atau Reksadana

Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan anggaran yang Anda punya. Cobalah untuk memilih investasi dengan risiko yang rendah, yaitu deposito atau reksadana.

Jika Anda memilih deposito, uang yang akan diinvestasikan akan aman meskipun keuntungan yang Anda dapatkan tidak begitu besar.

Jika Anda memilih reksadana, Anda dapat membuka rekening reksadana dengan dana minimum 100 ribu rupiah saja, dan selanjutnya pilih jenis reksadana yang Anda inginkan.

Reksadana juga cocok jika Anda tidak mempunyai waktu lebih menghitung keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan. Karena dengan reksadana, Anda sudah percayakan dana investasi Anda kepada para staff ahli.

Berinvestasi pada Instrumen Berwujud

Investasi pada instrumen berwujud seperti emas, properti atau investasi lainnya yang memiliki wujud nyata juga bisa menjadi pilihan. Jika Anda memiliki gaji pas-pasan, Anda bisa mulai mencoba untuk berinvestasi dengan emas.

Setiap bulannya Anda cukup membeli emas sebesar 1 atau 2 gram. Selain harga emas yang tidak pernah turun, Anda pun bisa menjualnya kembali saat harga emas sedang naik.

Jalani kegiatan investasi ini secara berkala, maka Anda akan meraih keuntungan yang juga besar.

Perhatikan Keuntungan dan Risiko

Setelah Anda mempelajari berbagai jenis investasi, Anda bisa mulai menyesuaikan investasi yang cocok dengan kondisi Anda. Perhatikan kembali imbal keuntungan dan risiko yang akan Anda dapatkan.

Mengalami kerugian pada investasi merupakan hal yang wajar. Namun, Anda tetap harus aktif untuk menggali informasi seputar investasi tersebut, agar terhindar dari kerugian terus menerus.

Kendalikan Diri Anda dalam Keuangan Anda

Ingat, Anda adalah nakhkoda dalam mengatur dan merencanakan keuangan. Jika Anda menginginkan kesejahteraan untuk Anda dan keluarga Anda ke depannya, investasi merupakan langkah awal yang baik meskipun dana investasi Anda masih sangat terbatas. Namun, jika Anda rutin melakukannya, maka hal tersebut sudah pasti akan memberikan hasil yang baik.

Demikianlah ulasan tentang investasi untuk penghasilan pas-pasan, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi