Bangun Kedekatan Emosional Bareng Anak, Caca Tengker Terapkan Ritual Khusus Sebelum Tidur

| 05 Sep 2023 15:35
Bangun Kedekatan Emosional Bareng Anak, Caca Tengker Terapkan Ritual Khusus Sebelum Tidur
Caca Tengker dan kedua putrinya (Instagram/cacatengker)

ERA.id - Caca Tengker mengungkap rutinitas yang dilakukannya untuk menjalin hubungan akrab dengan kedua putrinya, Ansaira dan Aruni. Ia mengaku setiap malam akan mengobrol dengan mereka sebelum tidur.

"Kalau aku sama anak-anak kita punya rutinitas sebelum tidur. Aku usahakan bisa tidurin anak walaupun seharian jadwal penuh. Sebisa mungkin aku yang tidurin anak-anak sama suami," ujar Caca Tengker saat ditemui di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada Senin (4/9/2023).

Pada kegiatan malam sebelum tidur itu, Caca dan anak-anaknya biasanya membaca buku, bernyanyi, hingga mengobrol. Mereka biasa mengobrol mengenai hal apa saja yang sudah dilakukan hari itu.

"Kalau zaman dulu kita ritualnya nyanyi dulu, terus kita baca buku dan berdoa. Tapi kalau sekarang berubah, jadi kita persingkat. Kita ngobrol dulu, ngobrolnya hari ini ngapain saja," ungkapnya.

Hal ini dilakukan Caca agar kedua anaknya bisa terbuka akan perasaan mereka. Tak hanya itu, ia juga ingin mengajarkan kebaikan dan menanamkannya dalam diri kedua anaknya.

"Kita interkasi biasanya aku tanya apa yang bikin mereka senang hari ini, apa yang bikin mereka nggak senang hari ini. Terus aku tanya hal baik apa yang sudah mereka lakukan dan hal baik apa yang sudah orang lain lakukan ke kamu hari ini," tuturnya.

Selain itu, Caca juga melakukan rutinitas tersebut untuk menjadi bahan refleksi diri pada anak-anaknya. Ia juga mengungkapkan langkah kecil yang dilakukan agar anaknya berbuat kebaikan.

"Itu buat refleksi saja sih, bahwa setiap harinya kita mencari kebaikan di diri kita dan orang lain. Jadi nggak melulu kita mencari keburukan. Untuk menjelaskan hal baik ke anak itu sulit, tapi aku biasakan kayak suruh mereka ambilkan barang dan beri pujian," pungkas Caca Tengker.

Rekomendasi