Unsur Elemen dalam Feng Shui yang Mempengaruhi Kualitas Hidup

| 09 Sep 2023 21:00
Unsur Elemen dalam Feng Shui yang Mempengaruhi Kualitas Hidup
Unsur elemen dalam feng shui (unsplash)

ERA.idFeng Shui semakin populer di seluruh dunia sebagai cara untuk membawa keseimbangan dan harmoni ke dalam kehidupan.  Salah satu konsep paling mendasar dalam Feng Shui adalah unsur-unsur yang menjadi dasar. apa saja unsur elemen dalam Feng Shui?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi elemen feng shui dan bagaimana mereka memainkan peran penting dalam menciptakan energi yang baik dan mengalir di dalam rumah dan ruang hidup Anda.

Unsur Elemen dalam Feng Shui

  1. Kayu

Unsur kayu mencerminkan kreativitas, ekspansi, pertumbuhan, kelahiran, kekuatan, fleksibilitas, dan intuisi. Namun terlalu banyak unsur kayu dapat membuat Anda merasa terlalu kewalahan, keras kepala, dan inflexible, sedangkan terlalu sedikit dapat menunjukkan kurangnya kreativitas, depresi, ambivalensi, dan stagnasi.

Saat merancang dengan unsur kayu, gunakan bentuk yang meniru bentuk vertikal seperti batang pohon dan kelembutan daun dan bunga. Warna-warna unsur kayu adalah hijau dan biru. Pertimbangkan untuk menggabungkan jenis objek berikut pada beberapa benda berikut:

●        Bunga segar dan bunga sintetis

●        Tanaman dan pohon

●        Kain katun dan bahan alami lainnya

●        Perabot kayu

  1. Api

Maksimalkan unsur api bertujuan untuk meningkatkan antusiasme dan kemampuan kepemimpinan. Unsur ini mendorong ekspresi diri, inspirasi, dan keberanian.

Ketika ada terlalu banyak memiliki unsur api, maka dapat memunculkan kemarahan, agresi, dan perilaku impulsif, sedangkan terlalu sedikit dapat menunjukkan ketidak kehangatan emosional, kurangnya visi, ketidakmampuan berbicara, dan kurangnya harga diri.

Maksimalkan unsur api bertujuan untuk meningkatkan antusiasme (Unsplash)

Untuk memperluas unsur api dalam ruang Anda, tambahkan beberapa benda berikut:

●        Lilin, lampu pijar, dan cahaya matahari

●        Warna merah, merah muda, atau ungu

●        Peralatan elektronik

●        Motif hewan

  1. Tanah

Unsur tanah mempengaruhi kekuatan fisik dan tatanan serta menciptakan perasaan keseimbangan dan stabilitas secara keseluruhan.

Ketika ada terlalu banyak unsur tanah dalam suatu ruangan, maka orang sering merasakan sensasi berat dan mengalami lebih banyak kebosanan, keterlambatan, dan keseriusan. Ketika ada terlalu sedikit unsur tanah, orang mungkin merasa tidak teratur, kacau, dan tidak fokus.

Untuk membawa unsur ini ke dalam ruangan, tambahkan beberapa benda berikut:

●        Segala hal dalam nuansa tanah (cokelat, hijau, atau pasir)

●        Bentuk-bentuk segi empat dan persegi panjang

●        Permukaan datar yang rendah

●        Gambar pemandangan

  1. Logam

Unsur logam mempengaruhi kejernihan mental dan logika. Kehadiran logam dalam sebuah ruangan dapat dirasakan dalam karakteristik pribadi seperti organisasi, fokus, kebenaran, dan kemampuan analitis.

Ketika Anda dikelilingi dengan terlalu banyak unsur logam, mungkin akan dianggap sebagai pembicara yang banyak omong, terlalu kritis, dan rentan berbicara tanpa berpikir. Ketika terlalu sedikit unsur logam, Anda mungkin merasa hening, berhati-hati, dan kekurangan fokus.

Saat meningkatkan ruangan dengan unsur logam, tambahkan beberapa benda berikut:

●        Bentuk bulat atau oval

●        Segala yang terbuat dari logam, termasuk besi, aluminium, emas, atau perak

●        Batu dan bebatuan

●        Warna putih, abu-abu, perak, atau warna pastel terang

  1. Air

Domain dari unsur air mencakup spiritualitas dan emosi. Seimbangnya unsur air membawa inspirasi, kebijaksanaan, dan pandangan yang dalam.

Terlalu banyak unsur air dapat menciptakan perasaan transisi yang tidak seimbang dan sensasi tenggelam emosional. Ini bisa membuat Anda merasa terlalu kewalahan dan terlalu sosial. Namun ketika ada terlalu sedikit unsur air, Anda mungkin mengalami kurangnya empati, kesepian, isolasi, stres, dan hal-hal sepele.

Saat menggabungkan unsur air, tambahkan beberapa detail berikut:

●        Warna hitam atau nuansa gelap lainnya

●        Permukaan reflektif, seperti cermin dan bola gantung

●        Bentuk-bentuk berombak, bebas, atau asimetris

●        Air atau fitur air, seperti akuarium

Selain unsur elemen dalam feng shui, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi