Feng Shui Rumah Menghadap Utara dan Cara Meningkatkan Energinya

| 06 Oct 2022 18:03
Feng Shui Rumah Menghadap Utara dan Cara Meningkatkan Energinya
Ilustrasi rumah (unsplash)

ERA.idFeng shui atau fengsui merupakan letak bangunan atau rumah (dengan bagian atau isinya) yang dianggap mempunyai pengaruh baik atau buruk terhadap penghuninya, dikutip dari KBBI. Terkait hal tersebut, bagaimanakah feng shui rumah menghadap utara?

Arah hadap rumah bisa memiliki pengaruh yang berbeda-beda. Sebelum membahas lebih jauh rumah menghadap utara, pahami dulu cara kerja feng shui dari energi rumah.

Energi Rumah Berdasarkan Feng Shui

Cara kerja feng shui berkaitan dengan aliran qi atau energi yang ada di rumah dan membuat penyesuaian yang menggeser qi untuk meningkatkan kesehatan, kemakmuran, dan dukungan bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya. 

Terkadang, feng shui melibatkan pemindahan furnitur dan barang-barang yang ada di dalam rumah. Dikutip Era dari The Spruce, seperti umumnya praktik yang sudah ada selama ribuan tahun, terdapat beberapa aliran feng shui yang berbeda.

Sejumlah aliran, misalnya kompas dan klasik, menggunakan arah kompas magnetik sebagai salah satu aspek untuk mengetahui aliran energi di rumah. Salah satu yang diperhatikan dari hal tersebut adalah arah hadap rumah. 

Feng Shui Rumah Menghadap Utara 

Dalam melihat arah rumah, salah satu alat yang digunakan adalah bagua. Ini merupakan mandala dengan delapan area yang memancar keluar dari sebuah pusat.

Orang yang sudah melakukan penelitian tentang feng shui mungkin akrab dengan masing-masing bidang sebab berhubungan dengan aspek kehidupan tertentu, seperti karier, kekayaan, atau kemitraan. Masing-masing area punya banyak lapisan makna tambahan di luar itu dan terhubung ke arah kompas magnetik.

Lalu, bagaimana dengan rumah yang menghadap ke arah utara? Sektor utara bagua disebut Kan dalam bahasa China. Kan berhubungan dengan karier dan jalan hidup. Selain itu, Kan juga berhubungan dengan elemen air, warna hitam, dan kebijaksanaan.

Cara Mengaktifkan Energi Rumah yang Menghadap Utara

Jika ingin mengaktifkan energi rumah yang menghadap utara, Anda bisa meningkatkan elemen air atau logam di daerah utara rumah. Utara terhubung dengan elemen air sehingga peningkatan elemen air bisa menjadi daya pendukung.

Masing-masing elemen—dalam siklus lima elemen—memberi makan dan dukungan satu sama lain. Jenis elemen yang memberi makan elemen air adalah elemen logam.

Dengan demikian, Anda bisa menambahkan elemen logam di area utara rumah untuk mendukung elemen air. Hal tersebut dilakukan untuk karena rumah menghadap utara terhubung dengan elemen air.

Warna Elemen Air dan Elemen Logam 

 Ilustrasi pintu putih (unsplash)

Bagaimana cara memasukkan elemen air dan logam? Kelima elemen terhubung dengan warna tertentu dan membawa warna-warna tersebut ke rumah yang dimaksud. Dengan demikian, kualitas elemen yang terhubung dengan rumah tersebut bsia lebih aktif.

Elemen air berkaitan dengan warna hitam dan abu-abu arang yang sangat gelap. Sementara, elemen logam berkaitan dengan warna putih, abu-abu, dan warna metalik, misalnya perunggu dan tembaga. Dengan demikian, Anda bisa memasukkan warna-warna tersebut ke rumah yang menghadap utara untuk meningkatkan energi rumah.

Dalam praktiknya, Anda bisa mengecat pintu rumah dengan salah satu warna tersebut. Berdasarkan feng shui, pintu rumah bagian depan menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah rumah. Oleh sebab itu, pengecatan pintu depan bisa menjadi awal dari upaya pemasukan warna.

Dengan pemaduan yang tepat, warna hitam, putih, dan abu-abu bisa menghasilkan tampilan pintu depan yang bagus. Selain ituk Anda bisa bisa menghadirkan warna tersebut pada bagian lain, misalnya pot tanaman dan keset. Hal kecil tersebut juga akan berdampak pada energi feng shui rumah menghadap utara.

Rekomendasi