Solusi Hunian Lahan Sempit, Panduan Membangun Rumah Minimalis di Perkotaan

| 14 Sep 2023 07:15
Solusi Hunian Lahan Sempit, Panduan Membangun Rumah Minimalis di Perkotaan
Solusi hunian lahan sempit (unsplash)

ERA.id - Pada zaman urbanisasi yang pesat ini, semakin banyak orang yang tinggal di kota-kota besar dengan lahan yang semakin sempit. Untuk itu penting untuk mengetahui solusi hunian lahan sempit agar kualitas hidup Anda terjaga.

Dengan adanya berkembangnya teknologi dan desain kreatif, ada solusi-solusi inovatif yang dapat membantu mengatasi masalah hunian lahan sempit. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai solusi yang dapat mengubah ruang sempit menjadi tempat tinggal yang praktis, efisien, dan tetap nyaman.

Beberapa Solusi Hunian Lahan Sempit

Dilansir dari House Plans, rencana membangun rumah untuk lahan sempit kadang-kadang dikenal sebagai “rumah shotgun” karena jalur lurus dari pintu depan ke pintu belakang, yang dalam teori memungkinkan peluru melewati langsung tanpa mengenai ruangan apa pun.

  1. Pintar Mengatur Letak

Meskipun ramping, rencana membangun rumah lahan sempit dapat memaksimalkan dekorasi rumah tanpa mengorbankan fitur rumah yang diinginkan. Banyak rencana rumah shotgun kami mencakup kamar tidur utama di lantai utama, tata letak lantai terbuka, dan ruang tambahan seperti loft atau ruang studi.

  1. Rumah Tingkat

Membangun ke atas dan bukan ke samping adalah solusi yang paling konkret saat Anda harus membangun rumah di lahan properti yang sempit. Rencana-rencana tersebut  dapat memaksimalkan ruang dengan cara yang kreatif.

  1. Memaksimalkan Fungsi

Rumah-rumah minimalis dapat memiliki fasilitas modern tanpa mengorbankan ruang atau pilihan gaya hidup.

Biasanya, teras, balkon, dan ruang luar lainnya dapat digabung bersama ke dalam rencana bersama dengan garasi, baik desain pemuatan belakang, pintu masuk halaman, atau bahkan garasi pintu depan.

Maksimalkan setiap fungsi di rumah Anda (unsplash)

Rencana membangun rumah di lahan sempit yang dirancang dengan baik berfungsi seperti rumah lainnya, bahkan mungkin lebih, sebagai solusi yang bermaksud untuk ruang hidup yang menantang dan lahan properti yang sederhana.

Meskipun lebih sempit, desain rumah yang indah ini memberikan dampak besar dalam hal ruang hidup, ruang penyimpanan, dan desain ruangan dengan gaya dan fungsionalitas yang hebat.

  1. Manfaatkan Sudut Rumah

Anda dapat memaksimalkan sudut-sudut rumah sebagai area penghijauan. Dengan menanam taman kecil atau tanaman hias di sudut-sudut tersebut, selain memberikan sentuhan alami, juga dapat meningkatkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami dalam rumah.

  1. Perabotan Minimalis

Penggunaan perabotan kompak dapat menjadi solusi efektif. Perabotan yang dirancang untuk memaksimalkan ruang dapat memberikan fleksibilitas saat membutuhkan lebih banyak ruang. Misalnya, sofa lipat atau meja lipat yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

  1. Split Level

Konsep split level bisa menjadi pilihan. Dengan mengatur interior rumah sedemikian rupa sehingga terlihat memiliki lantai yang berbeda-beda, meskipun sebenarnya hanya terdapat tiga lantai, dapat mengoptimalkan penggunaan ruang secara efisien.

  1. Desain Langit-Langit

Terakhir, desain langit-langit yang tinggi juga berperan penting. Memiliki jarak yang lebih besar antara lantai dan langit-langit memberikan kesan ruangan yang lebih luas dan terbuka. Ini juga memungkinkan sirkulasi udara berjalan lebih baik.

Dengan menggabungkan konsep-konsep di atas, Anda dapat menciptakan hunian yang optimal meskipun dengan lahan yang sempit. Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang baik, rumah dengan lahan terbatas dapat menjadi tempat yang nyaman dan fungsional untuk tinggal.

Selain solusi hunian lahan sempit, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi