Aksi Mogok Kerja Penulis Hollywood Resmi Dihentikan, Siap Kembali Berkarya dengan Kesepakatan Tentatif

| 27 Sep 2023 20:00
Aksi Mogok Kerja Penulis Hollywood Resmi Dihentikan, Siap Kembali Berkarya dengan Kesepakatan Tentatif
Aksi mogok kerja penulis Hollywood (Instagram)

ERA.id - Aksi mogok kerja penulis di Hollywood akhirnya resmi dihentikan setelah 148 hari berlangsung. Dewan Asosiasi Penulis Amerika (Writers Guild of America/WGA) Barat dan Timur mencabut perintah mogok kerja pada Rabu, (27/9/2023) pukul 12:01 waktu setempat.

Dilansir dari People, penghentian aksi mogok kerja ini menyusul kesepakatan tentatif kontrak baru dengan Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTOP). Kesepakatan ini membuat penulis akhirnya bisa bekerja kembali lebih cepat dari pemungutan suara final yang dijadwalkan pada 2 sampai 9 Oktober 2023 mendatang.

Sebelumnya, WGA sudah merilis kontrak lengkap setebal 94 halaman dan ringkasan persyaratan baru. Ini mencakup peningkatan kompensasi, persyaratan baru untuk tingkat staf minimum di ruang penulis TV hingga peningkatan persyaratan pembayaran penulis skenario.

Tak hanya itu, WGA juga menyoroti perlindungan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam proses penulisan. Salah satunya AI tidak dapat menulis atau menulis ulang materi dari penulis.

Sementara itu, untuk aksi mogok kerja para aktor masih berlangsung hingga sekarang. Terhitung aksi mogok kerja aktor Hollywood sudah berlangsung selama 75 hari.

Asosiasi aktor atau SAG-AFTRA sampai saat ini masih menunggu giliran untuk melakukan diskusi dengan pihak dari studio.

Rekomendasi