Menolong Anak-anak yang Kehilangan Harapan, Kisah Inspiratif Aktivis Sosial Valencia Mieke Randa Mendirikan Rumah Harapan Indonesia

| 12 Oct 2023 09:09
Menolong Anak-anak yang Kehilangan Harapan, Kisah Inspiratif Aktivis Sosial Valencia Mieke Randa Mendirikan Rumah Harapan Indonesia
Valencia Mieke Randa (Foto: Era.id/Adelia)

ERA.id - Aktivis sosial Valencia Mieke Randa menceritakan kisah inspiratifnya yang mendirikan rumah singgah, Rumah Harapan Indonesia (RHI) sejak tahun 2014. Kini, RHI sudah tersebar di 5 kota, yakni Jakarta, Semarang, Bandung, Bali dan Makassar.

RHI adalah rumah singgah untuk anak-anak berusia 17 tahun yang sedang menjalani pengobatan dengan penyakit berat tidak menular. Perempuan kerap disapa Valen ini mendirikan RHI dengan tujuan agar masa depan anak-anak di Indonesia menjadi lebih baik. RHI memberikan harapan baru bagi anak-anak sakit yang hampir kehilangan harapan.

"Anak-anak ini padahal anak-anak bangsa, masa depannya dipertaruhkan. Kita disini membantu mereka memberikan harapan sebagai penerus bangsa ini," ujarnya, saat ditemui di Jl. Wijaya V, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (11/10/2023).

Valencia Mieke Randa (Foto: Era.id/Adelia)
Valencia Mieke Randa (Foto: Era.id/Adelia)

Valen memulai kegiatan sosialnya pada tahun 2009, dengan mendirikan Blood For Life Indonesia (BFL), komunitas yang menghubungkan antara orang yang membutuhkan donor dengan orang yang ingin mendonorkan darahnya. 

Tidak berhenti sampai disitu, tahun 2011, Valencia mendirikan komunitas 3 Little Angels (3LA) untuk membantu pasien-pasien anak yang sedang berobat di RSCM, dan pada tahun 2014 akhirnya mendirikan Rumah Harapan Indonesia (RHI) dan membentuk Yayasan Sahabat Valencia Peduli yang membawahi RHI dan BFL.

"Jadi waktu saya buat Rumah Harapan Indah, tidak pernah berpikir membantu, tapi memang ini dari hati. Aku awalnya mendirikan 3 Little Angels (3LA)," paparnya.

"Dari anak ini, saya belajar supaya menjadi perempuan yang hebat. Banyak ibu-ibu tegar yang membutuhkan sosok seperti saya. Jadi saya bergandengan dengan ibu-ibu yang berjuang," lanjutnya.

Selain anak-anak, Valen juga memberikan perhatian dan bantuan kepada orangtua. Menurutnya, anak-anak yang cerdas dan berprestasi bisa membantu perekonomian keluarga dan memajukan bangsa Indonesia.

"Mereka nggak bisa makan, tapi saya membantu orang tua dan anak-anak yang hilang arah. Anak-anak menjadi anak bangsa," imbuhnya.

Maka dari itu, Valen juga antusias sekali melihat Nutrifood yang mengadakan "Nutrifood Leadership Award: Inspiring Future Leaders". Ajang ini memberikan penghargaan untuk para mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dalam bidang kepemimpinan, mampu dan peka melihat perkembangan zaman, serta dapat berkontribusi lebih besar untuk Indonesia.

"Saya bangga dan senang sekali melihat antusiasme dan semangat para finalis dalam menjalankan proyek mereka masing-masing.  Semoga semangat mereka bisa terus berlanjut dan menjadi langkah awal dalam menjadi orang yang tidak hanya sukses, namun juga bermakna," tuturnya.

"Kelompok Health berinisiasi untuk membantu kami merapikan sistem kerelawanan di Rumah Harapan Indonesia. Saya sangat berharap nantinya relawan-relawan yang ke depannya bergabung dengan RHI," lanjutnya.

Saat ini, Valen memilih untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk melayani dan membantu sesama yang tengah membutuhkan pertolongan.

"Memiliki semangat melayani yang tinggi, konsisten, dan punya hati yang luas dan kuat untuk dapat memberi semangat kepada anak-anak dengan ragam penyakit kritis yang sedang berjuang di RHI." tambahnya.

Rekomendasi