Soroti Perkembangan Industri Kreatif di Masa Depan, Young Lex Beri Pesan untuk Generasi Muda Memilih Presiden

| 09 Jan 2024 09:30
Soroti Perkembangan Industri Kreatif di Masa Depan, Young Lex Beri Pesan untuk Generasi Muda Memilih Presiden
Young Lex dan panelis lainnya di acara DEMOKR(E)ASI (Era.ID/Yesica)

ERA.id - Young Lex merupakan salah satu publik figur yang sering menyuarakan tentang politik. Kali ini, ia menyoroti perkembangan industri kreatif di masa depan sehingga menanyakanya ke calon presiden nomor urut 1, Ganjar Pranowo.

Hal ini ditanyakan Young Lex di acara DEMOKR(E)ASI yang digelar di Gedung Serbaguna Senayan, pada Senin (8/1/2024). Young Lex awalnya menjelaskan bahwa saat ini pelaku industri kreatif Indonesia bisa membuat berbagai produk lokal, tetapi bahan masih impor.

Menurut Young Lex hal ini cukup disayangkan karena Indonesia belum bisa menghasilkan bahan sendiri. Kemudian ia menanyakan  pendapat Ganjar Pranowo mengenai industri kreatif yang mengeluarkan berbagai produk lokal dan langkah pengembangan jika terpilih menjadi presiden.

"Jadi ngomongin industri kreatif ini, kalau bapak terpilih nanti jadi presiden, saya nggak mau jawaban yang normatif ya pak. Ngomongin keterpihakan bapak tentang kesadaran dulu ini akan sebesar apa? Tolong dijelaskan secara teknis," ucap Young Lex.

Menurut Ganjar Pranowo untuk mengembangkan industri kreatif adalah dengan masyarakat membeli dan memakai produk lokal yang dihasilkan. Baginya tak masalah jika bahan masih impor karena memang tidak dimiliki di Indonesia, tetapi dari situ bisa terbentuk kolaborasi yang baik.  

"Terima kasih, yang paling gampang (dilakukan untuk produk lokal industri kreatif) dibeli dan dipakai. Emang bahannya dari impor, tapi ketika mereka berusaha kreatif yang kita tidak bisa menyalahkan karena bahannya memang tidak ada," ujar Ganjar Pranowo.

"Ketika kita belum bisa membuat, maka kolaborasi menjadi kompromi yang paling baik," tambahnya.

Usai mendengar jawaban tersebut, Young Lex kemudian memberikan pesan kepada anak-anak muda untuk Pilpres 2024 mendatang. Ia mengajak generasi muda untuk lebih hati-hati dalam memilih, karena masa depan bangsa yang dipertimbangkan.

"Please rasionalnya dipakai dan harus tahu status kita nanti, jangan kemakan komentar-komentar buzzer. Mudah-mudahan bapak terpilih, karena kita anak muda ini rakyat jabatannya lebih tinggi dari bapak," pungkas Young Lex.

Rekomendasi