Sutradara Film Parasite dan Asosiasi Seniman Korea Tuntut Investigasi Tuntas Kasus Lee Sun Kyun

| 10 Jan 2024 13:00
Sutradara Film Parasite dan Asosiasi Seniman Korea Tuntut Investigasi Tuntas Kasus Lee Sun Kyun
Lee Sun Kyun (Instagram/kyun0302.cheery)

ERA.id - Sutradara film Parasite, Bong Joon Ho, dan The Association of Cultural Artists (Asosiasi Seniman Budaya) Korea Selatan menuntut dilakukannya investigasi tuntas untuk kasus mendiang Lee Sun Kyun. Mereka sudah memberikan keterangan resmi mengenai penuntutan tersebut dan akan menggelar konferensi pers.

Menurut Asosiasi Seniman Budaya Korea Selatan, kejadian tragis Lee Sun Kyun tak boleh terulang lagi di masa depan. Mereka meminta penegak hukum bersikap tegas dan meminta media tidak menyebarkan informasi palsu.

"Kami setuju hal itu tak boleh terulang. Kami berencana meminta investigasi menyeluruh oleh otoritas penegak hukum dan meminta media tidak menerbitkan artikel yang tidak sesuai dengan tujuan pelaporan dan menghapus artikel," pernyataan resmi asosiai pada Selasa (9/1/2024), dilansir dari Korea Herald.

Tak hanya itu, pihak asosiasi juga akan menuntut revisi ulang untuk perlindungan hak setiap orang yang berkerja di sektor seni dan budaya Korea Selatan.

"Selain itu, kami juga menuntut revisi undang-undang yang ada untuk melindungi hak asasi para individu sektor budaya dan seni," tuturnya.

Asosiasi tersebut diketahui terdiri dari 29 organisasi budaya dan seni, termasuk Asosiasi Sutradara Film Korea, Asosiasi Manajemen Korea, dan Asosiasi Artis Perempuan Film Korea. Perwakilan dari beberapa asosiasi tersebut nantinya akan hadir di konferensi pers yang digelar pada 12 Januari 2024.

Bong Joon Ho akan menjadi salah satu orang yang hadir. Sebagai informasi, Bong Joon Ho pernah bekerja sama dengan mendiang Lee Sun Kyun di film Parasite.

Sementara itu, Lee Sun Kyun sendiri ditemukan meninggal dunia di mobilnya pada 27 Desember 2023 lalu di tengah proses penyelidikan dugaan kasus narkoba yang menjeratnya. Ia diduga meninggal dunia karena bunuh diri, dengan sebelumnya meninggalkan catatan seperti wasiat kepada sang istri hingga polisi menemukan arang briket di mobilnya.

Rekomendasi