Diperiksa Polisi Terkait Kasus Dugaan Narkoba Lee Sun Kyun, Dispatch Respons Begini

| 24 Jan 2024 15:14
Diperiksa Polisi Terkait Kasus Dugaan Narkoba Lee Sun Kyun, Dispatch Respons Begini
Dispatch (Instagram/koreadispatch)

ERA.id - Salah satu media ternama Korea Selatan, Dispatch diperiksa oleh kepolisian atas kasus dugaan narkoba mendiang aktor Lee Sun Kyun. Dilansir dari Koreaboo, pemeriksaan ini dilakukan terkait adanya dugaan kebocoran informasi investigasi Lee Sun Kyun sebelum meninggal dunia.

Dugaan kebocoran informasi investigasi Lee Sun Kyun disebut diberikan kepada media setempat. Dispatch menjadi salah satu media yang masuk dalam dugaan tersebut, sehingga lewat pemeriksaan yang dilakukan, polisi menyita buku catatan dan telepon milik jurnalis Dispatch.

Mengenai pemeriksaan ini, Dispatch pun merilis pernyataan untuk menegaskan posisi mereka. Media itu mengatakan bahwa hal yang membuat mereka ikut diperiksa adalah karena menerbitkan artikel Lee Sun Kyun di 28 Desember 2023 lalu, sehari setelah kematian sang aktor.

“Alasan penggeledahan dan penyitaan adalah artikel yang diterbitkan pada 28 Desember, sehari setelah kematian Lee Sun Kyun. Dalam artikel tersebut kami mengkritisi penyelidikan polisi dan outlet media yang menerbitkan laporan kasus 18 Oktober dan prosesnya,” kata Dispatch, pada Rabu (24/1/2024). 

Terkait artikel yang diterbitkan di 18 Oktober 2023, Dispatch mengaku mendapat ‘laporan kejadian’ dari polisi dan hanya mendengar kesaksian penggemar. Mereka tidak mengetahui faktanya yang dibagikan dan tidak menyebutkan nama sang aktor.

Tak hanya itu, Dispatch juga menegaskan bahwa mereka bukanlah media yang menggiring opini terkait kasus dugaan narkoba Lee Sun Kyun. Dispatch menuding Surat Kabar Gyeonggi yang mengumbar inisial nama sang aktor, hingga nama Lee Sun Kyun terungkap ke publik bahkan sebelum penyelidikan dimulai. 

Lebih lanjut, Dispatch juga menyampaikan harapan agar polisi tidak memanfaatkan pemeriksaan terhadap mereka untuk menutupi betapa buruknya kinerja Kantor Kepolisian Incheon dalam menangani kasus dugaan narkoba Lee Sun Kyun.

“Lee Sun Kyun sudah meningggal. Akar masalahnya adalah polisi membocorkan informasi dan wartawan menerbitkannya. Rekaman yang tidak relevan dengan kasus, keterangan saksi yang telah diedit, kita perlu mengungkap siapa dalang yang menggoreng kebohongan tersebut,” pungkas Dispatch. 

Seperti diketahui, sebelum meninggal dunia, Lee Sun Kyun tengah menghadapi pemeriksaan terkait dugaan kasus narkoba. Ia sendiri sudah mendapatkan hasil negatif dari tes, tetapi polisi tetap meneruskan penyelidikan terhadap dirinya dengan berbagai dugaan lainnya. 

Selama masa penyelidikan, Lee Sun Kyun kerap menuai sorotan, terlebih oleh beberapa media lokal. Ia juga mendapat berbagai kritikan, kehilangan proyek kerja, hingga berdampak juga pada istrinya, aktris Jeon Hye Jin. 

Lee Sun Kyun akhirnya ditemukan meninggal dunia di dalam mobilnya pada 27 Desember 2023 lalu, dengan dugaan telah melakukan bunuh diri. Kematian Lee Sun Kyun ini pun meninggalkan luka mendalam, terlebih kasusnya belum selesai hingga membuat Asosiasi Seniman Korea mendesak penyelidikan dan dilakukan secara terbuka.

Rekomendasi