Desak Kasus Lee Sun Kyun Diusut Tuntas, Asosiasi Seniman Budaya Korsel Kritisi Kepolisian: Harus Transparansi!

| 13 Jan 2024 08:20
Desak Kasus Lee Sun Kyun Diusut Tuntas, Asosiasi Seniman Budaya Korsel Kritisi Kepolisian: Harus Transparansi!
Bong Joon Ho (Instagram)

ERA.id - Asosiasi Seniman Budaya Korea Selatan menggelar konferensi pers terkait kasus dugaan narkoba yang menjerat mendiang aktor Lee Sun Kyun, pada Jumat (12/1/2024). Konferensi pers ini dipimpin oleh sutradara Parasite, Bong Joon Ho.

Bong Joon Ho mengkritik kepolisian Korea Selatan atas metode investigasi dan pemberitaan media yang berlebihan. Ia menilai bahwa kedua hal tersebut mempengaruhi keputusan Lee Sun Kyun untuk mengakhiri hidupnya.

Dengan itu, Bong Joon Ho dan semua jajaran asosiasi mendesak dilakukannya penyelidikan menyeluruh dan mengusut kasus Lee Sun Kyun hingga tuntas. Terlebih sebelum meninggal dunia, Lee Sun Kyun sudah dinyatakan negatif dari narkoba.

"Saya meminta pihak berwenang menginvestigasi itu. Kami mendesak polisi menyelidiki apakah ada kelemahan dalam keamanan penyelidikan sejak rincian terkait mendiang," ujar Bong Joon Ho dilansir dari Soompi.

Asosiasi juga menilai penting dan perlu dilakukan perbaikan aturan mementingkan hak asasi manusia dalam proses penyelidikan kasus. Menurut mereka, ini harus dilakukan untuk mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang.

"Kami berharap tragedi seperti ini tidak terulang lagi dalam proses penyidikan artis budaya pop. Ini adalah tuntutan komunitas budaya dan seni terhadap meninggalnya mendiang Lee Sun Kyun," pungkas CEO label Mystic Story, Yoon Jong Shin, yang juga anggota asosiasi.

Tak hanya itu, asosiasi juga meminta adanya transparansi terkait penyelidikan kasus Lee Sun Kyun tersebut. Mereka ingin tahu apakah dugaan kerja sama kepolisian dengan media setempat dalam kasus tersebut.

"Kami ingin tahu apa ada atau tidak kontak secara individu (polisi) dengan media selama penyelidikan berlangsung. Dan kami ingin hasilnya dipublikasikan sehingga tidak ada keraguan," tuturnya.

Rekomendasi