Penyebab Alter Ego dari Seseorang Versi Lain, Baik atau Buruk?

| 19 Jan 2024 08:31
Penyebab Alter Ego dari Seseorang Versi Lain, Baik atau Buruk?
Penyebab alter ego (Freepik)

ERA.id - Pernahkah Anda menunjukkan diri sebagai sosok yang berbeda atau versi Anda yang lain. Apabila kerap mengalami hal itu mungkin Anda sedang memunculkan alter ego. Kondisi ini kerap dianggap sebagai kepribadian ganda atau dinilai dengan gangguan kepribadian. Lantas apa penyebab alter ego dan ciri-cirinya?

Kondisi alter ego sebenarnya biasa dialami oleh setiap orang ketika sedang menghadapi kondisi tertentu. Alter ego dimaknai sebagai kepribadian lain (karakter kedua) yang muncul pada diri seseorang dan bertolak belakang dengan kehidupan nyatanya. Karakter kedua ini bisa tercipta ketika seseorang merasakan kehidupan yang tidak sesuai ekspektasinya.

Pembahasan mengenai alter ego cukup ramai dalam beberapa waktu belakangan. Sebagai wawasan tentang ilmu kejiwaan manusia dan psikologi, penting untuk mengetahui penyebab alter ego dan pengertiannya lebih dalam.

Apa Itu Alter Ego?

Alter ego merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin yang artinya ‘aku yang lain’. Istilah alter ego digunakan untuk menggambarkan kepribadian lain yang dimunculkan oleh seseorang, tetapi berlainan atau berbeda dengan kehidupannya yang nyata.

Berdasarkan American Psychological Association, alter ego adalah identitas atau karakter kedua yang dibentuk secara sadar dan berbeda dengan perilaku sehari-hari orang tersebut. Karakter alter ego masih mempunyai kemiripan dengan karakter asli orang tersebut, namun ditunjukkan lebih ideal dan sesuai dengan ekspektasi atau harapannya. 

Alter ego juga dimaknai sebagai karakter atau identitas ciptaan seseorang itu sendiri yang berada di dalam dirinya secara sadar. Karakter kedua atau versi lain ini ditampakkan sebagai perwujudan ideal mengenai dirinya yang belum bisa direalisasikan dalam kondisi nyata yang dialami. 

Banyak orang memunculkan alter ego untuk memotivasi atau mendorong dirinya menjalani kehidupan dengan lebih percaya diri. Jadi alter ego juga memiliki sisi positif sebagai ‘modal’ untuk mengembangkan diri dalam menghadapi berbagai situasi. 

Dalam fenomena yang terjadi di masyarakat, alter ego kerap disamakan dengan kepribadian ganda. Padahal alter ego yang menunjukkan karakter lain ini tidaklah sama dengan kondisi kejiwaan berkepribadian ganda. 

Selain itu, perlu dipahami bahwa tidak semua orang memiliki alter ego. Sebab alter ego diciptakan secara sadar dan sengaja oleh orang tersebut untuk menciptakan konsep ideal seperti yang diharapkan dalam hidupnya. 

penyebab alter ego (Freepik)

Penyebab Alter Ego

Alter ego muncul biasanya disebabkan oleh kondisi kurang percaya diri atau kecemasan terhadap suatu situasi. Alter ego kemudian diciptakan untuk mengatasi ketidakmampuan atau minimnya kesempatan dalam menjalani sesuatu yang diharapkan bisa dilakukan dengan maksimal. 

Dengan membuat karakter sendiri yang lebih ideal, maka seseorang bisa membayangkan kondisi hidupnya lebih baik. Seringkali alter ego ini dijadikan sebagai motivasi atau pegangan untuk mendorong dirinya lebih maju atau berkembang dalam menjalani hidup. 

Contoh Alter Ego

Setiap orang bisa menampilkan alter ego yang berbeda-beda sesuai dengan konsep ideal yang diharapkan masing-masing. Contoh alter ego yang dimiliki oleh figur atau tokoh terkenal pernah dilakukan oleh penyanyi Adele. Penyanyi hits ini mengaku punya alter ego bernama Sasha Carter. 

Pada saat awal kariernya di industri musik, Adele merasa kurang percaya diri dan sulit menunjukkan performa terbaik ketika tampil di atas panggung. Untuk mengatasi kegugupan dan rasa minder tersebut, Adele kemudian menciptakan Sasha Carter agar menjadi pribadi yang lebih confidence dan tidak ragu tampil bernyanyi. Adele mengaku terinspirasi dari Beyonce yang juga memiliki alter ego bernama Sasha Fierce. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab alter ego dan pengertiannya yang perlu dipahami. Alter ego tidak melulu sebagai kondisi kepribadian yang buruk, sebab karakter kedua ini kerap dimunculkan untuk motivasi dan dorongan pada diri sendiri. Baca juga melihat kepribadian seseorang dari cara bicaranya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi