Mengapa Kucing Peliharaan Sering Pergi dari Rumah? Bisa Jadi Ini Alasannya

| 24 Jan 2024 19:33
Mengapa Kucing Peliharaan Sering Pergi dari Rumah? Bisa Jadi Ini Alasannya
Ilustrasi kucing peliharaan (Freepik/jcomp)

ERA.id - Kucing peliharaan yang bermain di luar rumah merupakan hal yang umum, tapi jika mereka pergi dalam waktu yang lama, tentu akan membuat pemiliknya khawatir. Ada banyak alasan mengapa kucing peliharaan sering pergi dari rumah. Hal ini  berkaitan dengan naluri alami hingga beberapa faktor yang berpotensi terjadi di rumah. Pada umumnya, kucing peliharaan yang kerap pergi bertualang, akan kembali lagi ke rumahnya dengan mudah. Namun, ada beberapa kondisi yang akan menjadikan mereka tidak kembali, contohnya tersasar dan lainnya.

Lantas, mengapa kucing peliharaan sering pergi dari rumah? Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi alasannya:

Mengapa Kucing Peliharaan Sering Pergi dari Rumah

Ilustrasi (Freepik)

Mencari jodoh atau terpikat kucing betina

Melansir laman Cats.com, kucing peliharaan jantan umumnya sering pergi dari rumah untuk mencari pasangan, khususnya bagi mereka yang belum dikebiri. Anak berbulu Anda akan sering rewel dan menjadi cukup gesit untuk keluar dari rumah dan mencari kucing betina.

Ada perubahan di rumah

Perubahan di rumah dapat mengakibatkan kucing peliharaan stres dan meninggalkan rumah. Misalnya pindah rumah, sedang ada pekerjaan bangunan, dan kehadiran bayi baru atau keluarga lain yang tinggal. Bahkan perubahan kecil seperti memindahkan perabotan atau aroma baru di lingkungan sudah cukup menjadi alasan bagi kucing Anda stres dan memutuskan untuk pergi.

Memperluas wilayah

Melansir laman Reader’s Digest UK, kucing peliharaan yang senang bermain di luar umumnya mengklaim wilayah tertentu di sekitar rumah dan mempertahankannya dari kucing lain. Jika tidak ada kucing lain di dekatnya, mereka bisa jadi akan menjelajah untuk memperluas wilayahnya. Hal ini juga bisa membuat mereka pergi jauh dan berisiko tersesat.

Tetangga Memberi Makan

Seekor kucing bisa jadi mengunjungi rumah orang lain, dan biasanya tetangga Anda yang mempunyai kucing sering kali memberi makan jika ada kucing yang berkunjung. Hal ini juga menjadi penyebab kucing Anda sering meninggalkan rumah. Terlebih jika mereka menerima makanan yang digemari di tempat tetangga.

Mencari mangsa dan petualangan

Banyak kucing yang secara naluriah mempunyai rasa ingin tahu dan senang berburu atau bahkan sekadar mengejar mangsa. Kucing seperti ini umumnya akan sering kabur dari rumah sebab mempunyai naluri berburu yang kuat dan selalu berkeinginan menjelajah lebih jauh.

Ada suatu hal yang menakutkan di rumah  

Kucing merupakan salah satu makhluk kecil yang cukup sensitif. Segala macam hal yang mengejutkan dapat membuat mereka merasa takut. Apa lagi jika kucing peliharaan Anda termasuk baru di lingkungan tersebut. Mereka bisa jadi takut jika terdapat keributan atau kucing setempat yang mengganggunya.

Karena penyakit

Dikutip dari laman Pets Radar, seekor kucing akan semakin tua dan semakin lemah, sehingga mereka memutuskan untuk memilih tempat yang lebih tenang dan jauh dari gangguan apa pun. Demikian pula saat kucing Anda sakit, ia mungkin akan pergi mencari tempat terpencil untuk sekadar beristirahat dan menunggu kematian dengan damai.

Demikianlah ulasan tentang mengapa kucing peliharaan sering pergi dari rumah. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi