Benda yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negara

| 04 Feb 2024 11:00
Benda yang Dianggap Membawa Keberuntungan dari Berbagai Negara
Benda yang dianggap membawa keberuntungan (unsplash)

ERA.id - Keberuntungan sering kali menjadi elemen yang menarik minat dan keyakinan bagi banyak orang. Oleh karenanya, banyak orang mencari benda-benda yang dianggap hoki. Lantas apa saja benda yang dianggap membawa keberuntungan?

Artikel ini akan menjelajahi berbagai benda yang diterima secara budaya sebagai pembawa keberuntungan.

Dari tanda-tanda mistis hingga kepercayaan yang berkembang di berbagai masyarakat, dilansir dari berbagai sumber kita akan melihat keragaman keyakinan dan tradisi di seputar objek-objek yang diharapkan membawa kebahagiaan dan kesuksesan.

Benda yang Dianggap Membawa Keberuntungan

  1. Daun Semanggi Berdaun Empat (Irlandia)

Apabila Anda ingin mendapatkan keberuntungan seperti orang Irlandia, maka cari semanggi empat daun. Semanggi langka ini telah menjadi simbol keberuntungan dan kemakmuran selama ratusan tahun.

Daun ini diklaim oleh salah satu legenda, sejak awal umat manusia, bahkan semanggi empat daun dihubungkan dengan cerita Alkitab tentang Adam dan Hawa, di mana Hawa dikatakan membawa semanggi empat daun sebagai souvenir dari Eden.

Menurut tradisi kuno Celtic, jika Anda memegang semanggi empat daun, Anda akan dilindungi dari mara bahaya, nasib buruk, dan roh jahat.

  1. Kaki kelinci

Saat ini, kaki kelinci dianggap sebagai simbol keberuntungan di seluruh dunia, tetapi mitos di baliknya agak keji. Pikirkan saja simbol keberuntungan yang melibatkan memotong kaki hewan hidup? Cukup mengerikan bukan?

Beberapa legenda menyatakan bahwa kelinci harus ditangkap di pemakaman, yang lain mengatakan tindakan itu harus dilakukan di bawah bulan purnama, dan masih ada yang mensyaratkan kelinci harus ditangkap pada hari Jumat.

Beberapa budaya percaya bahwa kelinci sebenarnya adalah penyihir yang bisa berubah bentuk, jadi kaki kelinci sebenarnya sama dengan kaki penyihir mati.

Sementara itu, di Amerika Serikat, kaki kelinci adalah simbol populer di antara komunitas Afrika yang diperbudak yang percaya bahwa kelinci mewakili kecerdikan (seperti yang ditunjukkan dalam tradisi lisan Afrika Amerika tentang Br'er Rabbit).

Saat ini, kaki kelinci masih menjadi simbol keberuntungan di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk Eropa, Tiongkok, Afrika, dan Amerika Utara dan Selatan.

  1. Dream Catcher (Amerika Utara)

Sebagai simbol keberuntungan untuk komunitas suku asli di seluruh Amerika Utara, Dream Catcher terbuat dari tali atau urat yang diikatkan bersama, manik-manik, dan bulu.

Tujuan Dream Catcher adalah menyaring mimpi buruk sehingga hanya mimpi positif yang mencapai alam bawah sadar si pemimpi.

Sementara suku-suku yang berbeda mengartikan kemampuan Dream Catcher dengan sedikit perbedaan. Banyak yang menyamakan dengan pelindung manusia dalam mitologi Navajo.

Dream Catcher (unsplash)
  1. Maneki-neko (Jepang)

Kemungkinan Anda pernah melihat setidaknya satu dari patung kucing senyum ini melambai-lambai pada  pintu masuk sebuah toko. Kucing-kucing yang memanggil ini adalah maneki-neko yang diyakini sebagai simbol keberuntungan dalam budaya Jepang.

Karena kucing diyakini sebagai hewan yang suka dengan manusia, maka totem ini sering ditampilkan di area yang ramai seperti toko, restoran, dan bahkan pintu masuk rumah atau ruang tamu.

Meskipun para ahli berselisih tentang asal muasal tanda keberuntungan ini, terdapat legenda yang paling mencolok. Salah satunya berasal dari periode Edo di Jepang (1603–1868) dan menceritakan kisah Ii Naotaka, seorang pemimpin regional yang mencari perlindungan di bawah pohon selama hujan badai.

Dikisahkan seekor kucing memanggil Naotaka ke dalam sebuah kuil. Setelah mengikuti kucing itu, Naotaka melihat ke belakang untuk melihat tempat sebelumnya telah tersambar petir.

Selain benda yang dianggap membawa keberuntungan, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi