Apa Itu Biji Kopi Grade 1? Begini Klasifikasi dan Cara Penilaiannya

| 10 May 2024 13:45
Apa Itu Biji Kopi Grade 1? Begini Klasifikasi dan Cara Penilaiannya
Ilustrasi apa itu kopi grade 1 (Freepik)

ERA.id - Saat ini, ada banyak jenis biji kopi yang dihasilkan dari berbagai belahan dunia. Setiap varian kopi memiliki rasa yang berbeda-beda untuk lidah penikmatnya.

Bahkan ada pengkategorian kopi termahal dengan klasifikasi dan grade biji tertentu. Grade biji kopi ini dinilai dari standar dan mutunya. 

Dalam dunia kopi, istilah "grade 1" kerap menjadi pembicaraan di kalangan  penggemar dan penikmat kopi. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kopi grade 1? Apakah itu sekadar label atau menggambarkan kualitas tertentu dari biji kopi itu sendiri?

Para produsen kopi membuat klasifikasi berdasarkan ‘grade’ untuk setiap biji kopi yang dihasilkan. Pembagian grade atau nilai ini dimulai dari grade 1 untuk kualitas kopi paling tinggi dan grade 6 untuk kopi paling buruk atau defect terbanyak.

Biji kopi grade 1

Klasifikasi biji kopi berdasarkan grade dilakukan dengan memperhatikan sejumlah indikator untuk melihat kualitas kopi. Untuk memahami esensi dari kopi grade 1, perlu melihat proses produksi kopi secara menyeluruh dari awal hingga akhir. 

Grade 1 pada klasifikasi biji kopi merujuk pada kualitas tertinggi dari kopi yang telah melewati rangkaian seleksi ketat. Proses penilaian ini dimulai dari perkebunan kopi hingga tahap pengolahan dan pemilihan biji. Setiap tahapannya dilakukan dengan cermat guna memastikan hanya biji kopi terbaik yang memenuhi standar grade 1.

Namun status grade 1 kopi tidak hanya berbicara mengenai kualitas kopinya saja. Penentuan grade 1 juga mengacu dari aspek-aspek lain yang mempengaruhi karakter dan cita rasa kopi itu sendiri. 

Hal ini bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti varietas tanaman, lokasi lahan atau perkebunan, prosedur pengolahan, sampai cara pengangkutan dan penyiapannya. Setiap aspek tersebut mempunyai peran penting dalam menilai apakah sebuah biji kopi layak menyandang predikat grade 1 atau tidak. 

Ilustrasi apa itu kopi grade 1 (Freepik)

Klasifikasi Grade Kopi

Sistem penilaian grade biji kopi melalui penilaian atau indikator yang beragam di berbagai negara produsen. Namun umumnya penentuan kualifikasi grade biji kopi menggunakan kombinasi faktor seperti dimensi, bentuk, warna, dan cacat biji. 

Beberapa grade kopi yang umumnya digunakan adalah sebagai berikut.

Specialty Grade

Specialty grade adalah grade paling atas dalam penilaian biji kopi. Biji kopi dengan grade ini menunjukkan kualitas yang sangat baik, ukuran yang seragam, bebas cacat, serta memiliki karakter rasa yang unik. Kopi dengan grade specialty umumnya ditanam di daerah dataran tinggi dan diproses dengan teliti.

Grade 1

Grade 1 adalah grade yang juga menandakan kualitas yang baik, meskipun tidak setinggi specialty grade. Biji kopi dengan grade 1 memiliki ukuran yang seragam, sedikit cacat, dan rasa yang memuaskan. Kopi dengan grade 1 sering dijadikan pilihan untuk kopi kemasan premium.

Grade 2

Grade 2 adalah grade yang lebih umum dan tetap menunjukkan kualitas biji kopi yang baik. Biji kopi dengan grade 2 mungkin memiliki sedikit variasi ukuran, beberapa cacat kecil, namun masih memberikan cita rasa yang enak. Kopi dengan grade 2 umumnya digunakan dalam kopi kemasan komersial.

Grade 3

Grade 3 adalah grade yang berada di bawah grade sebelumnya dalam penilaian kualitas. Biji kopi dengan grade 3 mungkin memiliki variasi ukuran yang lebih besar, cacat yang lebih banyak, dan rasa yang lebih rendah. Kopi dengan grade 3 umumnya digunakan dalam produk kopi instan atau produk kopi dengan harga yang lebih terjangkau.

Off Grade

Off grade adalah grade yang diberikan kepada biji kopi dengan kualitas yang sangat rendah. Biji kopi dalam kategori ini mungkin memiliki cacat yang signifikan, ukuran yang tidak seragam, dan rasa yang kurang memuaskan. Biasanya digunakan dalam produk-produk olahan yang tidak membutuhkan kualitas yang tinggi.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu kopi grade 1 yang kerap jadi pembicaraan di kalangan penikmat kopi. Biji kopi grade 1 digunakan untuk melabeli kopi yang memiliki kualitas tinggi dengan beberapa karater yang baik. Baca juga tips bikin kopi susu ala cafe.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi