Fakta Kate Middleton Kanker, Diketahui Setelah Jalani Operasi

| 25 Mar 2024 21:50
Fakta Kate Middleton Kanker, Diketahui Setelah Jalani Operasi
Kate Middleton (Instagram)

ERA.id - Informasi Kate Middleton didiagnosis kanker mengonfirmasi sebagian kesimpangsiuran mengenai kabar kesehatan keluarga kerajaan Inggris.

Kabar yang beredar memang tidak diungkap semuanya, tetapi Kate setidaknya sudah buka suara terkait kondisinya. Di bawah ini akan dijelaskan fakta Kate Middleton kanker.

Dalam sebuah pesan video, Kate mengatakan diagnosis kanker didapatnya setelah menjalani operasi abdominal atau perut pada bulan Januari lalu. Pada mulanya, kondisi tersebut dianggap tidak bersifat kanker, tetapi selanjutnya terungkap ternyata memang terdapat kanker.

Tentunya kabar tersebut merupakan kabar yang mengejutkan, sebab belum lama berselang, ayah mertuanya Raja Charles III juga membagi soal kondisi kesehatannya ke publik. Ia juga mengaku menerima diagnosis kanker, yang juga tidak dijelaskan jenisnya, setelah melakukan perawatan prostat.

Kate Middleton (Twitter / @kensingtonroyal)

Fakta Kate Middleton kanker

Dikutip dari People, berikut beberapa fakta yang terungkap sejauh ini terkait fakta Kate Middleton mengidap kanker.

Diketahui saat menjalani operasi

Pada Januari 2024, Kate menjalani operasi abdominal. Dalam video tersebut, Kate menjelaskan bahwa kondisi yang dialaminya pada saat itu dianggap tidak bersifat kanker. Operasi tersebut dikatakannya berjalan dengan sukses.

"Namun tes setelah operasi menemukan ada kanker," jelas Kate.

Situasi tersebut serupa seperti saat Raja Charles III yang mendapati dirinya didiagnosis kanker ketika mendapatkan perawatan prostat.

Jenis kanker tidak disebutkan

Seperti halnya Raja Charles III, Kate juga tidak menjelaskan jenis kanker yang diidapnya. Baik Kate ataupun Charles mengaku dalam kondisi yang baik dan mengungkapkan pesan yang ditujukan untuk sesama pasien kanker agar tetap menjaga semangat dan tidak kehilangan harapan.

Diharuskan menjalani kemo preventi

Catherine menjelaskan tim medisnya merekomendasikan agar dia menjalani “kemoterapi preventif” dan masih melakukan tahap awal pengobatan ini. Kemoterapi merupakan istilah umum untuk pengobatan yang tujuannya mematikan sel kanker. Dalam pengobatannya, proses ini dapat diberikan melalui infus atau dalam bentuk pil.

Seorang konsultan ahli bedah kolorektal, Prof Andrew Beggs, mengungkapkan kemoterapi preventif yang diberikan setelah operasi diberikan untuk mengurangi risiko kambuhnya kanker di masa yang akan datang. Adapun untuk seberapa banyak dan seberapa terapi dilakukan, bisa tergantung pada jenis kanker dan cara pertumbuhannya.

Apakah akan menerima perawatan secara pribadi atau di NHS?

Operasi awal Kate akan dilakukan di Klinik London, sebuah fasilitas swasta. Istana tidak memberikan komentar terkait di mana isteri Pangeran William itu sekarang mendapatkan perawatannya.

Dalam pesan videonya, Catherine hanya mengucapkan terima kasih kepada “tim medis yang luar biasa” yang sudah memberikan perawatan untuknya.

Dokter lakukan tes yang menunjukkan adanya kanker

Setelah operasi yang dilakukan pada bulan Januari, yang menurut Istana Kensington berhasil, dokter menjalani tes yang memperlihatkan adanya kanker.

Biasanya, jaringan yang diangkat selama operasi akan dibawa ke laboratorium untuk dianalisis dan dilakukan peninjauan sel apa yang ditemukan di sana.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi