Kena Imbas Gegara Rayyanza Muncul, KPI Beri Tegur Acara Sahur Raffi Ahmad

| 05 Apr 2024 12:15
Kena Imbas Gegara Rayyanza Muncul, KPI Beri Tegur Acara Sahur Raffi Ahmad
KPI tegur acara sahur Raffi Ahmad (YouTube/Netmediatama)

ERA.id - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan teguran acara sahur Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, program SauRans di Net TV. Penyebabnya adalah anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rayyanza Malik Ahmad ikut mengisi acara sahur tersebut.

Melalui Instagram pribadinya, KPI menegaskan memberikan sanksi berupa teguran untuk program acara SauRans. Menurut mereka, acara SauRans menyalahi klasifikasi umur. Sebab, tontonan itu untuk 13 tahun ke atas.

Akan tetapi, acara SauRans menampilkan anak di bawah umur. Rayyanza masih dianggap terlalu kecil untuk mengisi program acara yang tayang pukul 03.49 WIB. Rayyanza tampil dalam dua episode berturut-turut.

"Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat memutuskan memberikan sanksi administratif berupa teguran tertulis kepada dua program siaran," tulis KPI, dikutip dari akun Instagram @kpipusat.

"Pertama pada program siaran 'SauRans di NET TV' tayangan yang disiarkan pada tanggal 13-14 Maret 2024 mulai pukul 03.49 WIB dengan klasifikasi R13, namun secara langsung menampilkan anak di bawah umur," lanjutnya.

Sanksi ini merujuk pada Peraturan KPI nomor 01/P/KPI/03/2012 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran Pasal 14 ayat 1.

"Lembaga penyiaran, wajib memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada anak, dengan menyiarkan program siaran pada waktu yang tepat sesuai dengan penggolongan program siaran," bunyi isi peraturan tersebut.

Unggahan sanksi dari KPI dibanjiri respon netizen. Sebagian netizen mendukung keputusan KPI menegur acara SahuRans. Namun, sebagian netizen justru tak terima dengan teguran itu.

"Mantap KPI jangan biarkan orangtua mengeksploitasi anaknya yg msh kecil," komentar akun @ke***.*.

"Aneh juga sih, bocil masih ngantuk gitu di ajak syuting," tulis akun @adiseti********.

"Lah knp baru di tegor, tahun lalu perasaan udh ada saurans deh," kata akun @indah.nu****.

"Anak aku bayi 8 bln klo sahur juga bangun tuh. Namanya jg di rmh sendiri shootingnya masa nongol ga boleh. Aneh," ungkap akun @ulfauma****_.

KPI menegur acara SauRans yang tayang pada 13-14 Maret 2024. Dalam episode itu, wajah Rayyanza muncul. Bocah berusia 2 tahun ini memakai baju koko lengkap dengan peci hitam. Bahkan, ada juga episode yang memperlihatkan Rayyanza mengantuk sembari digendong oleh pengasuhnya, Sus Rini.

Hingga akhirnya, banyak netizen yang menuding pasangan dijuluki RANS ini telah melakukan ekploitasi anak dengan mengajak Rayyanza bergabung sebagai pengisi acara sahur. Sampai sekarang ini, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina belum buka suara mengenai program acara SahuRans ditegur oleh KPI.

Rekomendasi