Tren Belanja Ramadan, Transaksi Live Shopping Meningkat 44 Kali saat Sahur

| 05 Apr 2024 18:30
Tren Belanja Ramadan, Transaksi Live Shopping Meningkat 44 Kali saat Sahur
Ilustrasi belanja online (Pexels/Cottonbro)

ERA.id - Bulan Ramadan tentu saja mengubah sejumlah aspek kehidupan banyak masyarakat, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan dan belanja. 

Tahun ini, platform belanja online seperti Shopee melihat tren dan minat belanja masyarakat selama Ramadan 

Menurut catatannya, pengguna atau masyarakat semakin antusias dalam memanfaatkan fitur interaktif melalui Shopee Live (live shopping) di waktu sahur.

Hal ini terlihat dari transaksi melalui Shopee Live di waktu sahur yang meningkat hingga 44 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan dengan waktu yang sama di hari biasa. 

"Interaksi yang dapat dinikmati oleh pengguna melalui berbagai fitur live shopping masih menjadi daya tarik utama dalam perjalanan belanja online pengguna pada Ramadan tahun ini."

Demikian kata Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia dalam keterangan pers Shopee Big Ramadan Sale. 

Di tahun ini, masyarakat kerap  memanfaatkan fitur interaktif, salah satunya yang banyak menarik minat pengguna, Shopee Live. 

Platform belanja berwarna oranye itu juga mencatat, pengguna menghabiskan 68 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan di Shopee Live sepanjang periode kampanye berlangsung, termasuk sesi live shopping dari para penjual. 

Barang-barang yang identik dengan momen Ramadan menjadi produk yang banyak dicari oleh pengguna pada fitur interaktif ini. 

Beberapa di antaranya merupakan kebutuhan untuk lebaran dan selama Ramadan seperti sarung, cepol hijab, biskuit kaleng, hingga makeup cushion yang menjadi favorit. 

Keseruan dari inovasi dan fitur yang dihadirkan juga mendapatkan respons luar biasa dan turut dimanfaatkan oleh pengguna untuk semakin memaksimalkan dan meramaikan momen belanja masyarakat.  

Seperti halnya kemeriahan rangkaian sesi flash sale di Shopee Live bersama deretan artis ternama pada puncak kampanye Big Ramadan Sale ikut ditonton sebanyak 228 juta kali.

Kemudian ada pula serangkaian game digital di platform belanja yang mampu menarik minat pengguna untuk bisa berinteraksi dan mendapatkan beragam hadiah yang sudah disiapkan. 

Salah satu dampak positif dan signifikan yang dirasakan oleh penjual tidak hanya berasal dari tingginya aktivitas belanja di momen Lebaran, tetapi juga bagaimana upaya dalam mengoptimalkan fitur dan program yang ditawarkan pada kampanye tahun ini semakin menarik animo belanja masyarakat.

Di samping itu, ada pula dampaknya peningkatan produk yang dipromosikan melalui Shopee Live lebih dari 5 kali lipat di sepanjang kampanye dibandingkan tahun lalu. 

Keunggulan fitur interaktif dan inovasi program di Big Ramadan Sale tahun ini juga terlihat dalam berbagai aspek lainnya, salah satunya di Shopee Video. 

Hal ini terlihat dari pesanan yang didapatkan penjual melalui Shopee Video meningkat 40 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan tahun sebelumnya. 

Berbagai peningkatan itu pun secara langsung juga mendorong peningkatan pembelian bagi mitra brand lokal.

“Ini menjadi upaya kami untuk selalu membawa beragam kemudahan dalam berbelanja untuk memenuhi kebutuhan di sepanjang Ramadan."

"Tentunya, pencapaian luar biasa ini tak terlepas dari dukungan dan sinergi dari seluruh ekosistem yang terus berinovasi menciptakan dampak positif yang luas. Semoga ini dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam mempersiapkan ragam kebutuhan menyambut Hari Raya Idul Fitri,” tutup Monica. 

Rekomendasi