Pergi Bersama Sukhdev Singh ke India, Bunga Zainal Bahagia Anaknya Jalani Ritual Agama Sikh

| 08 Apr 2024 19:30
Pergi Bersama Sukhdev Singh ke India, Bunga Zainal Bahagia Anaknya Jalani Ritual Agama Sikh
Pergi Bersama Sukhdev Singh ke India, Bunga Zainal Bahagia Anaknya Jalani Ritual Agama Sikh (Instagram/@bungazainal05)

ERA.id - Bunga Zainal, suaminya Sukhdev Singh dan anak-anaknya, Karan dan Harneel sedang berada di India untuk menjalani ritual agama Sikh.

Bunga memperlihatkan rasa bahagianya lantaran kedua anaknya sudah memeluk agama Sikh. Mereka menyempatkan diri beribadah di Golden Temple di Amitsar, Punjab.

Selain itu, Bunga dan Sukhdev Singh juga mengantarkan anak-anaknya mengikuti ritual sebelum memeluk agama Sikh.

Sebelumnya, Bunga Zainal ingin melakukan perjalanan ritual ke India sejak beberapa tahun lalu. Tetapi, hal ini terpaksa ditunda lantaran pandemi Covid-19. Kini, ia merasa senang lantaran kedua anaknya menjalani ritual agama Sikh. 

"Finally kesampaian juga bawa anak-anak ke Golden Temple. Dari beberapa tahun lalu cancel karena Covid. Seneng banget anak-anak sah jadi Sikh," tulis Bunga Zainal, dikutip dari unggahan Instagram stories-nya.

Anak-anak Bunga Zainal
Anak-anak Bunga Zainal (Instagram /@bungazainal05)

Di momen tersebut, Bunga juga membagikan foto bersama sang suami dan kedua anaknya. Slide pertama, mantan kekasih Raffi Ahmad ini berfoto bersama Sukhdev Singh. 

Bunga di momen itu mengenakan pakaian serba putih dilengkapi penutup kepala. Di slide berikutnya, Bunga Zainal, Sukhdev Singh dan kedua anaknya kompak mengenakan pakaian serba putih. Berbeda dengan Bunga Zainal memakai selendang, Sukhdev Singh mengenakan kain putih sebagai penutup kepala.

"Shri Harmandir sahib (Golden Temple , Amritsar , Punjab)," tulisnya, dikutip dari unggahan Instagram @bungazainal05.

Unggahan itu menuai komentar netizen. Mereka langsung bertanya-tanya apakah agama yang dipeluk oleh Bunga Zainal. Lantaran sebelum menikah, Bunga Zainal memeluk agama Islam.

"Mba Bunga agamanya apa ya?" tanya akun @iin****

"Dia ngga pernah jujur dan publish dengan agamanya yang sekarang, beda dg asmirandah, yang sdh open publish soal agamanya," komentar akun @yully****

"Sekarang Hindu?" kata akun @asyifa_****

Selama ini publik menduga Bunga Zainal telah berpindah agama dari Islam menjadi pemeluk Sikh, karena pernikahannya dengan Sukhdev Sikh. Ketika menikah dengan Sukhdev Singh, Bunga Zainal disebut memutuskan pindah agama. Sempat beredar kabar bahwa ia menganut agama seperti Sukhdev.

Agama Sikh berbeda dari agama Hindu yang mengenal berbagai dewa dan dewi, Sikh adalah agama yang percaya akan Tuhan yang pantheistik, yaitu segala sesuatu adalah bagian dari Tuhan dan yang mencakup segalanya. 

Sikh juga tidak mengenal kasta. Ada sekitar 25 juta penganut Sikh di seluruh dunia, menjadikannya sebagai kelompok agama terbesar kelima.

Rekomendasi