Investasi Emas Digital Jadi Salah Satu Gerakan untuk Peduli Lingkungan

| 29 Apr 2024 20:30
Investasi Emas Digital Jadi Salah Satu Gerakan untuk Peduli Lingkungan
Ilustrasi investasi emas digital (Unsplash)

ERA.id - Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian pada pelestarian lingkungan, salah satunya dengan investasi emas digital.

Mengingat akan hal itu, Treasury, platform investasi emas digital merilis kampanye Green Gold. Ini adalah program pertama di dunia yang mengajak investor untuk berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan, dengan menetrasliasi jejak karbon dari investasi emas, tepat pada peringatan Hari Bumi.

Inisiatif yang dirancang untuk memudahkan investor dalam investasi emas yang berkelanjutan, demi lingkungan yang lebih hijau.

Pasalnya dalam setiap produksi 1 gr emas, setidaknya menghasilkan 28,2 Kg gas karbon yang dilepaskan ke udara.

“Green Gold adalah cara kami mendefinisikan ulang arti berinvestasi emas. Di mana kami ingin mengajak para investor tidak hanya memilih emas sebagai aset yang terus meningkat nilainya, namun juga berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan."

"Ini adalah sebuah gerakan menuju praktik investasi yang bertanggung jawab, yang memprioritaskan keberlanjutan lingkungan hidup agar hari esok lebih baik dan lebih hijau," ujar Andreas Santoso, selaku CEO Treasury dalam keterangan resminya.

Untuk setiap transaksi beli emas yang dilakukan melalui inisiatif Green Gold, investor turut berkontribusi menanam pohon dan terlibat dalam proyek pengurangan jejak karbon yang dirancang untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan, yang disebabkan oleh aktivitas penambangan dan perdagangan emas.

Ada pun beberapa gerakan peduli lingkungan yang digagas melalui kampanye tersebut, di antaranya:

Investasi emas ramah lingkungan

Inisiatif Green Gold di Treasury memberikankan kemudahan untuk investasi emas dan mendukung terwujudnya  lingkungan hidup yang berkelanjutan secara bersamaan.

Komitmen menanam pohon

Setiap investasi emas dengan Green Gold, Treasury akan menanam pohon di daerah yang mengalami deforestasi. 

Upaya ini akan membantu penyerapan karbon dan juga pemulihan habitat dan pelestarian keanekaragaman hayati.

Mengurangi jejak karbon

Investasi emas digital turut membantu mengurangi jejak karbon yang diakibatkan dari kegiatan penambangan dan investasi emas, sehingga investasi emas tidak meninggalkan jejak karbon atau karbon netral.

Transparansi dan pelacakan

Investor akan menerima laporan agar dapat memantau kontribusi atas investasi emas mereka di Treasury terhadap proyek penanaman pohon dan pengurangan jejak karbon, sebagai upaya untuk mewujudkan keberlanjutan lingkungan hidup.

"Kami percaya untuk meraih kemakmuran finansial, bisa dilakukan tanpa mengorbankan keberlanjutan bumi kita ini. Green Gold merupakan langkah revolusioner dalam mewujudkan investasi yang bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup," pungkas Andreas.

Rekomendasi