Jenis Rencana Bisnis yang Wajib Diketahui

| 14 May 2024 21:23
Jenis Rencana Bisnis yang Wajib Diketahui
Ilustrasi membuat rencana bisnis (Freepik)

ERA.id - Jenis rencana bisnis merupakan rancangan bisnis yang di dalamnya terdapat rangkuman operasional bisnis secara menyeluruh. Sebelum mengawali bisnis, business plan menjadi salah satu hal penting yang harus Anda pahami. Dalam rancangan ini terdapat penjelasan mengenai jenis bisnis, strategi dan juga tujuan (goals) yang hendak dicapai.

Apa itu Rencana Bisnis?

Melansir situs OCBC, rencana bisnis atau business plan adalah sebuah dokumen tertulis, yang disusun untuk memproyeksikan keseluruhan informasi terkait bisnis yang akan dioperasikan. Dalam sebuah business plan umumnya berisi strategi pemasaran dan penjualan bisnis secara detail, income dan outcome dari bisnis tersebut, kondisi keuangan, dan informasi lainnya.

Saat seorang pebisnis menyusun business plan, tentunya dibutuhkan pemikiran dan keputusan yang tepat. Fungsi dari adanya business plan yaitu sebagai acuan bagi pebisnis agar mampu mencapai tujuan dalam jangka panjang. Selain itu, business plan dapat mendeskripsikan apakah bisnis tersebut layak dan sanggup menghadapi semua tantangan di masa depan.

Ilustrasi bisnis plan (Pexels/ANTONI SHKRABA production)

Jenis-jenis Rencana Bisnis

Setiap business plan tentunya mempunyai objektif dan tujuan yang beragam. Oleh sebab itu, ada beberapa jenis business plan yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Operations Business Plan

Rencana bisnis operasi atau operations business plan yaitu rencana bisnis yang dirancang khusus hanya untuk internal perusahaan. Dalam rencana bisnis ini, tercakup rencana dan kebijakan mengenai operasional perusahaan. Selanjutnya, business plan ini juga meliputi uraian tanggung jawab semua orang yang berada dalam perusahaan.

Selain itu, rencana bisnis ini dapat dijadikan acuan pelaksanaan dan tenggat waktu kegiatan operasional bisnis perusahaan pada masa yang akan datang.

  • Development Business Plan

Rencana bisnis jenis ini berisi deskripsi secara rinci mengenai bisnis yang akan dijalankan. Pada rencana bisnis operasi ini biasanya meliputi administrasi bisnis, organisasi perusahaan, dan tanggung jawab setiap karyawan.

Oleh sebab itu, dokumen ini tidak hanya berlaku untuk pihak internal, tetapi juga oleh pihak eksternal.

  • Growth Business Plan

Growth business plan merupakan rencana bisnis yang mendeskripsikan rencana pertumbuhan bisnis perusahaan ke depannya. Rencana bisnis ini dapat digunakan pada kepentingan internal ataupun eksternal, contohnya untuk mendapatkan modal lebih dari para investor.

Jika digunakan untuk kebutuhan eksternal, maka rencana bisnis ini harus diperjelas lebih rinci lagi. Pada umumnya meliputi deskripsi rinci terkait perusahaan, struktur organisasi, dan kondisi keuangan perusahaan.

  • Startup Business Plan

Startup business plan menjelaskan perusahaan khususnya startup yang akan didirikan. Rencana bisnis ini meliputi penawaran barang atau jasa kepada calon konsumen, evaluasi pasar, struktur marketing, manajemen risiko, dan juga struktur manajemen lainnya yang akan diimplementasikan nantinya.

  • Strategic Business Plan

Strategic business plan merupakan jenis rencana bisnis yang paling rumit daripada rencana bisnis yang lain. Business plan ini menjelaskan bermacam-macam strategi secara lebih rinci untuk meraih tujuan perusahaan.

Biasanya, beberapa komponen yang dianggap penting untuk dimasukkan pada rencana bisnis ini antara lain; visi dan misi perusahaan, faktor kritis, strategi untuk meraih tujuannya, dan jadwal pelaksanaan strategi tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Business Plan?

Beberapa cara untuk membuat business plan dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Sebelum membuat business plan, terlebih dahulu lakukan analisa pesaing dan riset pasar
  • Tentukan tujuan dari bisnis Anda dengan jelas
  • Ketahui target pembaca business plan yang akan Anda buat
  • Memiliki bukti dan referensi di setiap komponen dalam business plan
  • Berikan penjelasan terkait isi business plan secara rinci, runtut, dan realistis

Apa Saja Manfaat Business Plan?

Ketika Anda merintis sebuah bisnis, ada sejumlah alasan yang menjadikan business plan sangat penting, antara lain:

  • Membantu dalam menentukan keputusan

Ketika Anda merintis sebuah bisnis, tentunya banyak tantangan yang mungkin akan Anda hadapi. Sebagai contoh, mengembangkan produk baru, merekrut tenaga kerja, masalah finansial, dan sebagainya. Hal tersebut dibutuhkan pengambilan keputusan tepat, maka dari itu salah satu manfaat dari business plan yaitu membantu Anda dalam menentukan keputusan.

  • Sistem keuangan perusahaan akan diatur secara menyeluruh

Selain itu, rencana bisnis juga akan membantu Anda dalam merencanakan sistem keuangan perusahaan yang baik. Hal ini bertujuan agar ke depannya Anda terhindar dari kesalahan dalam menyusun keuangan dan kerugian.

  • Membantu mengundang investor lebih banyak

Adapun manfaat paling penting dari business plan yaitu membantu Anda untuk menerima investor lebih banyak. Hal tersebut tentunya sangat penting bagi pertumbuhan bisnis Anda, apalagi bisnis yang baru dirintis membutuhkan dukungan dari para investor agar bisnis yang Anda jalankan meraih kesuksesan.

Demikianlah ulasan tentang apa itu jenis rencana bisnis, cara membuatnya, dan manfaat yang didapatkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi