Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, Berikut Bacaannya

| 09 Jul 2024 20:02
Cara Mengirim Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal, Berikut Bacaannya
Ilustrasi berdoa (Freepik)

ERA.id - Mendoakan orang yang sudah meninggal merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam. Anak-anak atau cucu yang dianjurkan mengirim doa kepada leluhurnya yang sudah berpulang di sisi Allah SWT. 

Keluarga atau kerabat yang mengirim doa kepada orang-orang yang sudah meninggal bisa memberikan manfaat di hari akhir. Hal ini disampaikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Sa’id al Khudri, yang mana Rasulullah SAW bersabda:

"Pada hari kiamat seseorang diikuti kebaikan sebesar gunung, lalu ia bertanya, "Dari mana aku memperoleh semua ini? Dikatakan kepadanya, "Dari istighfar anakmu untukmu." (HR Thabrani)

Anak yang dimaksud dalam hadits di atas tidak sebatas pada seorang anak dari keluarga yang meninggal. Namun semua umat Muslim yang masih hidup di dunia diperbolekan saling mendoakan. Lantas bagaimana cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal dan bacaannya?

Cara Mengirim Doa kepada Orang yang Sudah Meninggal

Salah satu cara melantunkan doa kepada orang yang sudah meninggal adalah lewat praktik tahlilan. Dalam buku Bimbingan Praktikum Ibadah karya Prof. Dr. H. Abuddin Nata, dijelaskan bahwa acara tahlilan dilakukan oleh pihak keluarga dengan mempersiapkan kapan waktu acara, tempat pelaksanaan, dan tamu yang diundang. 

Pihak keluarga juga akan menyebutkan nama-nama almarhum atau almarhumah yang bakal didoakan. Keluarga penyelenggara acara juga menyiapkan bingkisan atau buah tangan yang diberikan kepada para tamu. 

Pelaksanaan tahlilan untuk kirim doa dipimpin oleh seorang ustaz. Ustaz yang dipilih akan memimpin dan membaca doa sembari menyebut nama orang yang sudah meninggal dunia serta bacaan surah pendek, seperti surat An Nas, dan Al Falaq. 

Ilustrasi berdoa  (Freepik)

Berikut ini bacaan lengkap yang bisa dilantunkan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal:

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وبركاته ... أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ .

Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh... Astaghfirullahal 'adzim (3×)

إلَى حَضْرَةِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَيْءٌ اللَّهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Ila hadratin nabiyyina Muhammadin syai'un lillāhi lahumud fâtihah

ثم إلى أزواح أبي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيَّ شَيْءٌ اللَّهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Tsumma ila arwahi abi bakrim, wa 'imar, wa 'utsman, wa 'ali, syain lillahi lahumul fatihah

ثم إلى أرواح .... شَيْءٌ اللَّهِ لَهُمُ الْفَاتِحَة

Tsumma ila arwahi wa arwahi .... (disebutkan nama-nama almarhum dan almarhumah yang akan dikirimi doa), syai'un lillähi laharal fatihah

لا إله إلا الله والله أكبر .... قُلْ هُوَ الله أحدٌ : اللَّهُ الصَّمَدُ : لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولد الله وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

La ilaha illallahu wallahu akbar ... gulhurullah ahad ... allahush shamad, lam yalid wa lam yalad, walam yakun lahu kufuwan ahad... (2x)

لا إله إلا الله والله أكبر ... قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ اللَّهِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ إِلَّا وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِنْ شَرِّ الثقافاتِ فِي الْعُقَدِ (4) وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا

La ilaha illallahu wallahu akbar... qul 'audzu birabbil falaq, min syarri ma khalaq wa min syarri ghasiqin idza waqab, wa min syarrin naffâtsäti fil uqadi, wa min syarri hasidin idza hasad (2x)

لا إله إلا الله والله أكبر ... قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ * مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ * الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ ان من الجنَّةِ والنَّاسِ

La ilaha illallahu wallahu akbar... qul 'aūdzu birabbinnâs malikinnnås ilahinnas min syarril waswasil khannas, alladzi yuwaswisu fi sudurinnas minal jinnati wannās... (2x)

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

La ilaha illallahu wallahu akbar

Demikianlah cara mengirim doa untuk orang yang sudah meninggal melalui tahlilan. Kiriman doa dari keluarga, kerabat, maupun orang lain merupakan salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus bagi orang yang sudah meninggal dunia. Baca juga bacaan dzikir setelah salat Isya.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi