8 Kebiasaan Boros Listrik Ini yang Harus Dihindari

| 23 Jul 2024 20:50
8 Kebiasaan Boros Listrik Ini yang Harus Dihindari
Ilustrasi listrik listrik (freepik)

ERA.id - Tanpa disadari anyak kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan pemborosan listrik di rumah. Kebiasaan boros listrik ini mungkin terlihat sepele, namun jika dilakukan secara terus-menerus dampaknya luar biasa,

Artikel ini akan membahas beberapa kebiasaan buruk penggunaan listrik yang sering dilakukan di rumah, serta tips apa saja yang harus dilakukan.

Kebiasaan Boros Listrik

Dilansir dari Alliance to Save Energy, berikut ini beberapa kebiasaan buruk terkait penggunaan listrik:

  1. Membiarkan Lampu Menyala

Salah satu kebiasaan yang paling jelas membuang-buang energi adalah membiarkan lampu menyala. Namun kebiasaan ini merupakan salah satu kebiasaan yang paling mudah diperbaiki.

Perlu diketahui, dengan hanya mematikan lampu saat Anda meninggalkan ruangan atau rumah, Anda akan menghemat listrik dan membantu lampu Anda bertahan lebih lama.

Namun jika Anda sering lupa, maka cobalah gunakan sistem instalasi listrik rumah pintar untuk memantau pencahayaan dari ponsel Anda.

  1. Menggunakan Lampu Pijar (bohlam)

Lampu pijar mengkonsumsi energi dalam jumlah yang sangat besar. Cara cepat untuk mengurangi penggunaan energi adalah dengan beralih ke lampu hemat energi.

Gunakan lampu bersertifikat ENERGY STAR,  seperti lampu pijar halogen, lampu fluorescent kompak (CFL) dan dioda pemancar cahaya (LED). Lampu jenis ini menggunakan 25–80 persen lebih sedikit energi daripada lampu pijar tradisional dan bertahan hingga 25 kali lebih lama.

Lampu pijar mengkonsumsi energi dalam jumlah yang sangat besar (freepik)
  1. Membiarkan Elektronik Tersambung

Peralatan dan elektronik menggunakan energi bahkan saat dimatikan. Salah satu tips untuk membantu menghemat tagihan listrik adalah dengan mencabut semua elektronik, termasuk TV, komputer, dan pengisi daya ponsel ketika tidak digunakan.

Selain itu, dengan menghubungkan beberapa elektronik ke strip daya memudahkan untuk mematikan perangkat yang tidak digunakan sekaligus.

  1. Menyalakan Freezer yang Kosong

Memiliki freezer ekstra di rumah memang dibutuhkan untuk menyimpan makanan, tetapi lebih terlalu banyak akan sangat merugikan.

Perlu diketahui, freezer kosong yang berjalan mengkonsumsi sekitar 103 kWh dan dapat mengeluarkan biaya lumayan per bulannya. Saat freezer kosong, cabut colokannya untuk menghemat energi dan uang.

  1. Membuka Kulkas

Beberapa detik membuka kulkas tersebut akan menambah penggunaan listrik. Padahal setiap tahun, orang menghabiskan sekitar 10 jam membuka kulkas atau freezer.

Kebiasaan tersebut dapat menyumbang 7 persen dari total penggunaan energi kulkas. Tips yang dapat berguna adalah membuka kulkas dan freezer hanya saat diperlukan.

  1. Mencuci Pakaian dengan Air Panas

Hampir 90 persen energi mesin cuci digunakan untuk memanaskan air. Anda dapat mengurangi penggunaan energi hingga setengahnya dengan beralih dari air panas ke air hangat, dan menguranginya lebih jauh dengan menggunakan air dingin.

  1. Kesalahan Setting Heater

Banyak rumah tangga menggunakan suhu pemanas air diatur terlalu tinggi. Meskipun banyak pemanas air diatur pada suhu 140 derajat secara umum, namun setting suhu 120 derajat dapat lumayan menghemat.

  1. Penggunaan Mesin Cuci Piring

Rata-rata mesin pencuci piring membutuhkan sekitar 1.800 watt listrik ketika beroperasi.  Untuk itu, Anda dapat mengurangi penggunaan energi dengan menjalankan mesin pencuci dengan lebih bijak.

Selain kebiasaan boros listrik, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi