Tips Mencairkan Bunga Es di Freezer Dengan Mudah dan Cepat

| 09 Apr 2023 09:15
Tips Mencairkan Bunga Es di Freezer Dengan Mudah dan Cepat
Tips mencairkan bunga es di freezer (unsplash)

ERA.id - Sudah berapa lama Anda tidak mencairkan es di freezer Anda? Perlu diketahui terdapat beberapa tips mencairkan bunga es di freezer dengan cepat dan tidak membuat kulkas tidak rusak.

Perawatan rutin tidak hanya dapat menjaga freezer Anda tetap pada performa terbaiknya, tetapi juga memberi Anda ruang untuk menyimpan makanan favorit Anda.

Penyebab Bunga Es Menumpuk di Freezer

Setiap kali Anda membuka freezer, udara luar akan masuk ke dalam freezer dan memungkinkan panas dan kelembaban masuk. Kelembaban tersebut kemudian akan menjadi embun beku di dalam kulkas dan dapat menumpuk seiring waktu.

Jika freezer Anda tidak memiliki opsi pencairan otomatis, embun beku dapat menjadi es yang menutupi ventilasi udara interior dan sensor suhu.  Jika Anda perlu mencairkan freezer Anda tetapi tidak tahu caranya, berikut hal-hal yang perlu dilakukan:

Tips Mencairkan Bunga Es di Freezer

  1. Matikan dan keluarkan freezer

    Matikan kulkas Anda (unsplash)

Pertama, cabut atau matikan freezer Anda. Jika Anda memiliki freezer kecil yang lebih portabel, Anda dapat memindahkannya ke garasi atau di luar rumah untuk memudahkan pembersihan.

Selanjutnya, keluarkan semua makanan dari freezer Anda dan letakkan di lemari pendingin agar tidak mencair.

  1. Tentukan air akan dibuang

Letakkan handuk atau pelapis plastik di lantai di depan freezer Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengisi rak bawah dengan kain lap atau handuk pantai bekas untuk menyerap lebih banyak air.

Namun beberapa freezer memiliki selang drainase untuk membantu mengeluarkan air. Jika freezer Anda memilikinya, letakkan ujungnya di baskom atau ember yang rendah. Untuk membantu air keluar.

  1. Biarkan es mencair

Cara termudah untuk mencairkan freezer adalah dengan membiarkan es mencair dengan sendirinya. Setelah Anda mencabut kulkas Anda, biarkan pintunya terbuka dan tunggu sampai es mencair dengan sendirinya.

Jika Anda ingin mempercepat proses pencairan, Anda bisa meletakkan kipas angin di dekat freezer untuk membantu mencairkannya. Caranya: buka pintu freezer dan posisikan kipas angin sehingga udara bersirkulasi ke dalam freezer. Udara bersuhu ruangan akan membantu es mencair dengan lebih cepat.

  1. Membersihkan bagian dalam freezer

Saat es di dalam freezer Anda mencair, bersihkan dengan kain lap atau handuk bekas. Handuk dengan ukuran yang besar akan membantu Anda mengepel lebih banyak air.

Setelah semua es mencair dan dibersihkan, Anda dapat mulai membersihkan bagian dalam freezer Anda. Campurkan satu sendok makan soda kue dengan empat cangkir air panas, lalu gunakan kain lap untuk mengelap rak, dinding bagian dalam, dan pintu freezer Anda. Setelah itu, gunakan kain lembab untuk mengeringkan kulkas.

  1. Nyalakan kembali

Setelah Anda mencairkan, membersihkan, dan mengeringkan freezer Anda, nyalakan kembali kulkas dan tunggu hingga mencapai suhu yang tepat.

Suhu kulkas tergantung pada suhu sekitar dan muatan makanan, langkah ini biasanya membutuhkan waktu beberapa jam, tetapi dapat bervariasi tergantung dari freezer yang digunakan. Setelah freezer siap, Anda dapat memasukkan kembali makanan.

Selain tips mencairkan bunga es di freezer, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : tips bunga es
Rekomendasi