5 Tips Dekorasi Rumah Estetik agar Lebih Terasa Nyaman

| 23 Jul 2024 08:10
5 Tips Dekorasi Rumah Estetik agar Lebih Terasa Nyaman
Ilustrasi dekorasi rumah (Unsplash)

ERA.id - Memiliki suasana rumah nyaman bukan lagi impian, melainkan suatu kebutuhan. Supaya mendapatkan rumah nyaman dan modern, pemilihan furnitur menjadi peran penting.

Pemanfaatan desain modern yang apik dalam dekorasi rumah dapat menciptakan kesan rumah yang tidak hanya nyaman untuk beristirahat setelah beraktivitas di luar, tetapi juga memanjakan mata dan membuat kita betah berlama-lama di rumah.

Country President PT NS BlueScope Indonesia Lucky Lee mengungkapkan kunci dari hunian yang nyaman adalah keseluruhan konsep dan tata letak yang efektif.

"Fungsi dan ambience setiap ruangan perlu dipertimbangkan untuk memastikan keseimbangan antara kenyamanan dan estetika rumah. Desain rumah yang timeless dan modern bisa menjadi pilihan," ujar Lucky Lee, dari keterangan resmi yang diterima oleh ERA.

Tips dekorasi rumah agar hunian terasa lebih nyaman

Ilustrasi dekorasi rumah
Ilustrasi dekorasi rumah (freepik)

Berikut ini adalah 5 tips untuk menciptakan kesan rumah yang modern dan nyaman.

1. Gunakan warna netral

Salah satu hal krusial dalam menentukan suasana rumah adalah kombinasi warna, mulai dari cat dinding hingga furnitur. Warna-warna netral seperti putih, cream, dan abu-abu dapat membuat ruangan terkesan lebih luas dan terang karena dapat memantulkan cahaya dengan baik.

Lalu, kamu dapat menghindari penggunaan beberapa warna cerah seperti merah, hijau, dan ungu dalam satu ruangan. Untuk menampilkan kesan modern dan tetap berkarakter, kamu dapat mengombinasikan satu warna cerah dan dengan warna netral, atau menggunakan dekorasi bermotif seperti karpet berpola geometris.

2. Manfaatkan pencahayaan alami berkonsep open space

Rumah dengan pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni betah karena dapat meningkatkan mood dan produktivitas. Tak hanya itu, hunian berkonsep open space atau ruang terbuka memungkinkan cahaya matahari masuk sehingga membantu menjaga kesehatan penghuni dan lebih hemat energi.

Selain memanfaatkan pencahayaan alami, kamu dapat menggunakan lampu berwarna kuning pada malam hari untuk menciptakan ambience yang relaxing dan meningkatkan kualitas tidur. Kamu juga dapat mengombinasikan beberapa jenis penerangan dengan layered lighting, memadupadankan general lighting, indirect lighting, spot light, dan decorative light.

3. Kombinasikan tekstur untuk tampilan menarik

Selain warna, kamu juga dapat memadukan berbagai material seperti kaca, beton, baja, dan kayu untuk menciptakan estetika yang unik. Misalnya, kombinasi kaca yang elegan dan baja yang tegas dapat memberikan kesan modern dan berkelas.

Variasi tekstur material tersebut akan meningkatkan kompleksitas visual dan daya tarik desain hunianmu. Lucky mengungkapkan bahwa material baja memiliki kemampuan untuk tidak menyerap panas sehingga nyaman dan juga estetik untuk hunian.

"BlueScope sendiri memiliki COLORBOND® Matt Finish, baja bertekstur dengan berbagai pilihan warna dan ketahanan hingga 12 tahun sehingga cocok digunakan untuk rumah berkonsep modern." ucap Lucky Lee.

4. Berikan sentuhan hijau dengan tanaman hias

Tanaman hias dapat memberikan sentuhan alami nan menyegarkan di rumah. Kamu dapat menyesuaikan jenis tanaman dengan gaya dekorasi hunian, mulai dari tanaman kecil di ruang kerja hingga tanaman besar di ruang tamu, yang dapat menambah kesan manis dalam ruangan.

Tanaman yang ditempatkan secara strategis dapat menghidupkan ruangan dan menciptakan suasana yang menenangkan. Tanaman hias juga memberikan fungsi tambahan seperti penyaring udara atau memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan sehingga membuat lingkungan lebih sehat dan nyaman.

5. Ciptakan ruang multifungsi dengan partisi

Penggunaan partisi adalah solusi untuk menciptakan ruang multifungsi dalam rumah. Partisi modular yang fleksibel dengan sistem lepas pasang memungkinkanmu dengan mudah mengubah tata letak ruangan sesuai kebutuhan tanpa renovasi besar.

Misalnya, kamu dapat menggunakan partisi untuk membagi ruang tamu menjadi area kerja dan area bersantai, atau untuk memisahkan ruang makan dari dapur. Dengan fleksibilitas partisi, kamu dapat menyesuaikan ruang dengan aktivitas harian, memberikan kenyamanan dan fungsionalitas lebih.

"Selain berfungsi sebagai atap, baja yang bersifat kontemporer juga dapat digunakan sebagai partisi modular dengan ketahanan warna lebih lama dan lebih tahan karat. COLORBOND® Sonata Blue adalah opsi dinding partisi yang cocok untuk hunian." jelas Lucky.

Rekomendasi