Mengapa Tak Ada Kursi untuk Kasir Swalayan dan Minimarket?

| 28 Aug 2020 15:35
Mengapa Tak Ada Kursi untuk Kasir Swalayan dan Minimarket?
Ilustrasi kasir (Konsultan Bisnis)

ERA.id - Jika datang ke minimarket atau swalayan, pernahkah Anda melihat ada kursi di bagian kasir atau kasir sedang duduk? Jika iya, tahun berapa? Sebab, 2019 hingga tahun 2020, sebuah minimarket besar, tak pernah lagi terlihat ada kursi di bagian kasir.

Memang pernah disediakan kursi untuk kasir di minimarket, namun kini sudah tidak lagi. Sejarahnya berawal dari kasir yang bermain ponsel sambil duduk dengan kursi yang disediakan retail tersebut.

Tak lama bermain ponsel, kasir itu lalu dilihat oleh regional manager. Waktu itu, manager minimarket disebut sedang menginspeksi beberapa retail modern di daerahnya.

"Setelah itu dikeluarkan peraturan tidak boleh memakai kursi di kasir lagi," ungkap Alif Fachri, eks karyawan sebuah minimarket yang tak ingin menyebutkan nama mantan tempat kerjanya.

Kursi di sebuah minimarket/Alif Fachri

Kata Alif, sekarang kursi hanya boleh dikeluarkan saat shift malam atau sedang lembur di minimarket. Jika ditanya soal mengapa karyawan tidak boleh pakai kursi, jawaban Alif diplomatis.

"Itu tidak sopan dong, masa konsumennya ngantri sampai mengular sambil berdiri, sementara kasir yang melayani duduk di kursi? Jatuhnya pemalas dan tidak lincah."

Sementara Kurniawan Agung, seorang pegawai retail, juga mengungkapkan perasaannya selama bekerja sebagai kasir. "Pertama kali dulu kerja di retail, bingung juga ini kerja tidak ada kursinya. Minggu-minggu pertama rasanya kaki mau putus, tapi sekarang udah terbiasa bahkan kalau lembur bisa 12 jam berdiri. Malah aneh kalau aku liat kasir di retail yang duduk gitu," tandasnya.

Sementara Fadli Ismail, seorang pegawai sebuah minimarket, saat ditanya mengapa tak ada kursi di kasir minimarket menjawab, "Karena kursi hanya menghalangi dan itu terkesan tidak etis karena kelihatan malas. Lagi pula, kasir tidak selalu berada di kasir. Mereka punya mobilitas dalam tuntutan kerja mereka."

Tags : yang unik
Rekomendasi