Unik dan Legendaris, Berikut Fakta Mawar Hitam yang Hanya Dianggap Mitos

Tim Editor

Bunga Mawar Hitam (Foto: Instagram/@christen_bells)

ERA.id - Keberadaan mawar hitam kerap menjadi misteri di masyarakat. Ada yang mengatakan mawar hitam ada dalam bentuk nyata, ada pula yang meyakini mawar hitam hanya ilusi atau hadi dalam cerita mitos.

Membahas tentang mawar hitam, bunga yang satu ini identik dengan lambang kematian. Dalam cerita fiksi, bunga mawar hitam dikatakan tidak tumbuh secara alami. Benarkah?

Untuk mengungak lebih jauh tentang mawar hitam, berikut fakta menarik tentang bunga mawar hitam seperti dilansir The Spurce pada Selasa (8/9/2020),

1. Bunga mawar hitam aslinya berwarna merah gelap

Tidak ada mawar yang memiliki warna hitam murni. Ada pun bunga mawar yang memang memiliki warna sangat gelap, seperti merah marun, ungu, dan merah tua. Hal ini disebabkan karen tidak ada gen yang sesuai dengan genom spesies mawar maupun yang bisa menghasilkan warna hitam asli dan pekat.

2. Tidak ada makna yang paten

Jika merah atau pink dijadikan perlambang cinta. Bunga mawar hitam dilambangkan sebagai kematian, kegelapan, misteri, dendam dan kebencian. Namun, ada juga yang mempercayakan bunga mawar hitam sebagai simbol kelahiran kembali, keberanian, perlawanan, dan kesetiaan. Tapi faktanya bunga mawar belum ada makna yang paten.

3. Bunga langka mawar hitam ditemukan di Desa Halfeti, Turki

Bunga mawar hitam sesungguhnya benar-benar ada di desa kecil Halfeti di Turki. Mawar hitam ini menjadi bunga yang sangat langka dan indah. Saat pertama kali mekar, mawar ini berwarna merah tua. Namun, perubahan warna menjadi gelap lantaran pengaruh lokasi tanah.

4. Hidup di dua musim

Bunga mawar hitam akan mekar dengan warna merah magenta gelap di musim semi dan musim gugur. Selain kedua musim itu, bunga mawar hitam akan mati.  

5. Berubah warna

Mawar hitam adalah mawar merah tua atau ungu tua. Dengan warna begitu, mawar tersebut tampak seperti warna hitam. Bunga mawar hitam lebih gelap saat tahap tunas, tetapi berubah menjadi merah gelap ketika mekar.

Tag: fakta atau mitos mawar hitam

Bagikan: