Berdampak pada Kesehatan Mental, Ade Rai Sebut PSBB Bikin Umur Pendek

| 11 Sep 2020 20:05
Berdampak pada Kesehatan Mental, Ade Rai Sebut PSBB Bikin Umur Pendek
Ade Rai (Foto: Instagram/@ade_rai)

ERA.idPemprov DKI Jakarta kembali akan memberlakukan PSBB ketat di wilayah DKI Jakarta. Tak hanya warganet, kebijakan PSBB total mendapatkan deretan komentar artis. Salah satunya artis sekaligus pegiat olahraga kebugaran Ade Rai memberikan tanggapan mengenai PSBB yang akan dimulai pada 14 September 2020.

Saat berbincang-bincang bersama Deddy Corbuzier di podcast YouTube, Ade Rai membicarakan soal dampak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jakarta. 

Ade Rai mengatakan jika dampak PSBB kurang baik untuk kesehatan mental. Menurutnya seorang manusia dilarang bertemu teman-teman dan berada di rumah saja justru membuat sistem imun menjadi turun.

"Tidak boleh bertemu dengan teman-temannya dan pada saat itulah sistem imun seseorang ngedrop. Yang membuat umur pendek itu ya stres," ujar Ade Rai.

Namun, ia menegaskan jika ucapannya itu bukan tidak setuju jika PSBB kembali diterapkan.

"Kita kan lagi dalam situasi urgent yang harus dilakukan. Saya sebagai pengamat kesehatan, terjadi kesakitan sosial," tutur Ade Rai.

Meski begitu, Ade Rai mengatakan jika kebutuhan bersosialisasi bersama teman dan keluarganya tetap terpenuhi lewat bantuan teknologi. 

“Ketika ada Zoom, Google Meet, itu salah satu. Terlepas daripada rasanya tetap saja kurang. Tapi ada effort yang kita lakukan. Saya cuman mau cerita ini supaya kita bisa aware sama ini,” ungkap Ade Rai.

Ade Rai menyimpulkan jika banyak masyarakat yang mencari pelarian untuk melepaskan stress. Menurutnya, kebanyakan masyarakat akan berbelanja untuk melepaskan stres. 

“Pelarian orang paling aman itu ke shopping, kalau punya uang, enggak punya uang juga tetap shopping,” kata Ade Rai.

Menurut Ade Rai masyarakat harusnya memilih makanan sebagai cara untuk melepaskan rasa stres. Jika makanan yang banyak dikonsumsi mengandung banyak karbohidrat bisa meningkatkan kandungan gula.

"Masyarakat juga memilih makanan sebagai cara melepas stres. Sayangnya hal ini tak diimbangi dengan memilih makanan yang tetap sehat bagi tubuh," tutur Ade Rai.

Rekomendasi