Catat! Ini 7 Kiat Menjadi Content Creator YouTube Top di Indonesia

Tim Editor

Ilustrasi (Lukas Bieri dari Pixabay)

ERA.id - Masifnya perkembangan teknologi dan internet saat ini sangat mendukung berbagai kegiatan baru, bahkan pekerjaan baru. Salah satunya adalah menjadi content creator YouTube

Content creator sendiri didefinisikan sebagai seseorang yang membuat suatu konten, baik berupa gambar, video, suara ataupun gambar dari dua tau lebih materi. 

Konten-konten tersebut diciptakan untuk media, khususnya media digital seperti YouTube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, dan lain sebagainya.

Menjadi content creator di era digital saat ini sejatinya mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tak ayal banyak orang beralih profesi menjadi content creator, khususnya di media-media sosial yang berkembang pesat seperti YouTube. 

Media sosial ini juga tak luput dari perhatian para artis. Mereka kerap membagikan kegiatan-kegiatan mereka melalui video atapun gambar di-channel Youtube mereka masing-masing.

Ilustrasi (USA-Reiseblogger dari Pixabay) 

 

Selain menjadi ajang untuk membagikan kegiatan sehari-hari (daily vlog), YouTube juga menjadi sarana untuk menghasilkan cuan yang cukup besar oleh para kreator. 

Saat ini, ada banyak Youtuber yang memiliki penghasilan mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah dari Youtube. Beberapa di antaranya berasal dari kalangan publik figur yang kerap malang melintang di televisi. Siapa sajakah mereka? 

10 Content Creator Youtube di Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi  

Di Indonesia, ada banyak sekali content creator Youtube yang terkenal. Dua di antaranya yakni Atta Halilintar dan Baim Wong, yang sukses mendapatkan penghargaan Diamond Play Button dari Youtube. 

Sekedar tau saja, ada lima jenis Play Button yang diberikan oleh Youtube untuk Youtuber dengan jumlah subscriber tertentu. 

Adapun lima jenis Play Button dari Youtube yakni: 

• Silver Play Button, untuk Youtuber dengan jumlah subscriber sebanyak 100 ribu  

• Gold Play Button, untuk Youtuber dengan jumlah subscriber sebanyak 1 juta

• Diamond Play Button, untuk Youtuber dengan jumblah subscriber sebanyak 10 juta  

• Costum Play Button, untuk Youtuber dengan jumlah subscriber sebanyak 50 juta 

• Red Diamond Play Button diberikan kepada pemilik 100 juta subscriber 

Khusus untuk penghargaan Costum Play Button dan Red Diamond, hanya ada sedikit YouTuber di dunia yang berhasil meraihnya. Salah satunya adalah PewDiePie. 

PewDiePie mendapatkan Red Diamond. (Foto: Istimewa)

 

Banyaknya jumlah subscriber tentu menjadi keuntungan sendiri bagi seorang Youtuber. Sebab, konten-konten yang mereka ciptakan berpeluang mendapatkan viewers, yang selanjutnya berpengaruh terhadap penghasilan yang didapatkan. 

Sebagai perumpamaan, seorang Youtuber terkenal memasukkan sebuah video beriklan yang telah dintonton oleh 1.010.279 orang. Kira-kira berapa penghasilan dia? Maka kisaran perhitungan pembayaran Youtube yang didapatkan antara 131.34 dolar Amerika Serikat (AS) sampai dengan 303.08 dolar AS, yang jika dirupiahkan sekitar 4.031.267. Angka yang cukup besar bukan? 

Baca Juga : Jejali Durian Bekas Jilatan ke Teman, Ria Ricis Dikecam Habis-Habisan

Angka di atas didapatkan berdasarkan RPM (Revenue per Thousand Impressions). RPM adalah pendapatan per seribu kali impresi (tayang) yang diperoleh antara 0.13 dolar As hingga 0.30 dolar AS. 

Akan tetapi, yang perlu dipahami, jumlah subscriber yang banyak belum tentu menjadikan seorang Youtuber memiliki penghasilan tinggi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya indikator yang berpengaruh. 

Adapun beberapa indikator tersebut yakni, jumlah penonton, jumlah video yang diunggah, durasi video, penonton iklan akan mempengaruhi pendapatan yang dihasilkan oleh seorang Youtuber. 

Lantas, siapa sajakah Youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia Berikut 10 content creator Youtube dengan penghasilan tertinggi :  

Bam Paula 

Baim Paula menjadi Youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia. Dengan jumlah subscriber sebanyak 14,2 juta juta orang, suami Paula Verhoven ini mampu melesat di posisi teratas Youtuber berpenghasilan tertinggi. 

Hal tersebut tentu menjadi sesuatu yang menarik mengingat jumlah subscriber Baim Paula lebih kecil ketimbang jumlah subscriber Atta Halilintar yang mencapai 23,6 juta orang. 

Usut punya usut, Baim Paula mampu menarik penonton minimal 1 juta orang dalam 1 konten yang dia buat. Bahkan di konten lainnya Baim mampu mendapatkan viewers sebanyak 2-4 juta lebih. 

Berdasarkan data socialblade, Baim memperoleh penghasilan yang sangat fantastis dari Youtube, yakni sekitar Rp1,2 miliar per bulan. 

Zuni and Family 

Zuni and Family merupakan channel YouTube yang kerap menampilkan percakapan dalam bahasa asing. Termasuk lagu-lagu anak. 

Sampai saat ini, Zuni dan Family telah diikuti oleh 10,2 juta subscriber dengan perkiraan pendapatan hingga Rp746 juta per bulan. 

Rans Entertainment 

Jika dibandingkan dengan dua Youtuber di atas, Raffi Ahmad dengan channel Rans Entertainment memiliki jumlah subscriber yang lebih banyak, yakni 17,4 juta orang. 

Meski demikian, penghasilan Raffi dari YouTube kalah oleh Baim Paula dan Zuni Family. Melalui, YouTube, Raffi berpotensi meraih pendapatan sebesar Rp 744 juta per bulan. 

Frost Diamond 

Frost Diamond tidak pernah asal-asalan dalam membuat konten Youtube. Dalam membuat konten, dia memakai konsep minecraft karena sangat populer.  Alhasil, Youtuber dengan nama lengkap Kananda Widyantara ini memiliki 13,9 juta subscriber. 

Dalam sebulan, Frost Diamond diproyeksi mampu mengantongi pundi-pudi rupiah sebesar Rp628 juta. 

MiawAug 

Bagi anda yang belum mengenal, MiawAug merupakan seorang Youtuber yang dengan nama asli Reggie Prabowo Wongkar. Dia dikenal sebagai Youtuber gaming dengan subscriber terbanyak di Indonesia. 

Saat ini, MiawAug diikuti 11,8 juta subscriber. Dengan subscriber sebanyak itu, MiawAug diproyeksikan mendapatkan penghasilan sebanyak Rp 558 juta per bulan. 

Jess No Limit 

Sama dengan MiawAug, Jess No Limit merupakan Youtuber yang kerap membuat konten-konten Youtube bertamakan game, khsususnya video mobile legend. 

Sosok gamer yang bergelut sebagai atlet esport profesional ini memiliki jumlah subscriber sebanyak 18,3 juta orang dengan perkiraan penghasilan sebanyak Rp556 juta sebulan.  

Atta Halilintar 

Didapuk sebagai Youtuber dengan subscriber terbanyak di Indonesia, Atta menempati posisi ke-7 sebagai content creator Youtube dengan penghasilan terbanyak di Indonesia. 

Dengan 25,7 juta subscriber, Atta diramalkan memperoleh penghasilan sebanyak Rp 513 juta per bulan. 

Besarnya subscriber yang didapatkan Atta tak lepas dari keberhasilannya dalam membuat konten yang disukai oleh orang Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Google, sebagian besar masyarakat Indonesia senang dengan konten yang membahas makanan, wisata dan kecantikan. 

Yudist Ardhana 

Yudist Ardhana merupakan salah satu conten creator Youtube paling terkenal dari Bali. Setelah lebih dari 4 tahun menjadi seorang Youtuber, Yudist Ardhana memiliki 9,31 juta subscriber. 

Melalui kanal Youtube miliknya, Yudist mengunggah berbagai konten menarik, mulai dari sulap, prank, eksperimen, vlog, review dan aneka keseruan lainnya. 

Dengan jumlah subscriber tersebut, Yudist diyakini mampu meraup pendapatan sebesar Rp469 juta per bulan. 

Deddy Corbuzier 

Deddy Corbuzier sukses mencuri perhatian masyarakatnya melalui podcast di platform Youtube. 

Melalui kanal Youtube-nya, Deddy kerap membahas berbagai isu terkini yang sedang viral di Indonesia, mulai dari virus corona hingga lika-liku kehidupan para artis. 

Saat ini, jumlah subscriber Deddy mencapai 11,6 juta orang dengan potensi pemasukan sebesar Rp436 juta per bulan. 

Gen Halilintar 

Keluarga gen Halilintar berhasil menarik banyak viewers melalui konten-konten yang kontroversial. 

Gen Halilintar memiliki 17 juta subscriber dan diperkirakan mampu mengantongi Rp448,5 juta perbulan. 

Demikianlah 10 content creator Youtube dengan pendapatan tertinggi di Indonesia. Tingginya pendapatan yang diraih oleh seorang Youtuber membuat banyak orang yang tertarik menjadi conten creator Youtube. Namun bagaimana caranya? 

Cara Menjadi Content Creator Youtube 

Agar konten yang dibuat memiliki banyak penonton, seorang content creator YouTube tentu harus menciptakan konten kreatif dan menarik. Berikut kiat-kiat menjadi content creator Youtube top di Indonesia

Membuat Konten Sesuai dengan Passion 

Membuat suatu konten tidak bisa asal-asalan. Jika ingin mensukseskan konten yang dibuat, seorang content creator wajib memirkan konsep yang matang serta manfaat untuk orang lain. 

Oleh sebab itu, mulailah dengan mengenal passion yang anda miliki. Gali lagi potensi atau bakatmu agar dapat membuat konten yang menarik, berbobot dan sukses di media sosial. Anda bisa pilih konten beauty, travelling, fotografi, gaming, lukisan dan lain sebagainya. 

Setiap bidang yang anda kuasai, dapat dijadikan sebagai tema dengan konsep yang kreatif. Pengembangan konsepnya dapat diciptakan dengan melihat tren yang sedang hangat diperbincangkan atau relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. 

Kemaslah konten tersebut semenarik mungkin dan gunakan gaya penyampaian yang atraktif, komunikatif dan mudah dipahami oleh banyak orang.

Ikuti Perkembangan Tren Terbaru 

Telah disinggung sebelumnya bahwa dalam menciptakan konten, seorang creator wajib melihat tren yang sedang berkembang. Tujuannya agar menarik dan memenuhi pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat.  

Konten yang dibuat sesuai dengan perkembangan tren lebih berpotensi ditonton oleh banyak orang, bahkan lama-lama mendapatkan viewers organik, yang setia menunggu karya-karya anda berikutnya. Oleh karenaya teruslah berkarya dan pertahankan ciri khasmu. 

Punya Karya Orisinil dengan Ciri Khas 

Orisinilitas atau keaslian karya sangat pentiing dan wajib dipertahankan agar konten yang anda buat dipercaya orang lain. Ciptakan karya yang lahir dari ide sendiri.   

Anda bisa saja mencari inspirasi dari konten orang lain yang menarik, namun usahakan, sebagian besarnya adalah idemu sendiri. 

Selain itu, anda juga bisa meminta masukan dari keluarga, teman karib, atau relasimu terkait konten yang anda buat agar semakin bagus. 

Ilustrasi (Lukas Bieri dari Pixabay) 

 

Jangan lupa untuk menggunakan gaya sendiri dengan sentuhan unik. Lama-lama karya yang anda ciptakan akan dikenal dan seseorang akan mengelai bahwa itulah konten yang anda buat. 

Untuk dapat membuat konten yang menarik dan memiliki banyak viewers, anda perlu belajar bertahap dan kontinu. Hasilnya, semakin banyak orang yang mengenalmu sebagai content creator, dan klien juga akan semakin bertambah. 

Membuat Konten yang Bermanfaat 

Selain membuat karya yang orisinil, seorang conten creator juga dituntut untuk membuat konten yang bermanfaat agar terus dicari oleh banyak orang. 

Dengan begitu, beberapa hal seperti uang, endorsemen, followers, subscriber, atau apapun akan datang secara otomatis. Ingat! Untuk membuat konten yang orisinil dan bermanfaat, anda membutuhkan modal, meskipun hanya receh. 

Fokus Terhadap Isi Konten 

Fokus terhadap isi konten menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh seorang creator. Entah itu fashion, kuliner atau daily vlog.

Sebisa mungkin hindari drama dan menyinggung masalah orang lain. Memang hal tersebut akan menjadi viral, namun akan cepat pula anjlok popularitasnya. 

Selain itu, pikirkan cuan belakangan. Sebab, untuk mendapatkan penghasilan yang besar dari media sosial butuh proses yang panjang dan tidak mudah. Konten yang dibuat harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. 

Multitasking 

Kemampuan multitasking merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki jika ingin menjadi content creator sukses. 

Kemampuan multitasking ini akan meningkatkan kualitas konten yang anda unggah di platform YouTube. 

Misalnya, anda harus mampu membuat kalimat yang mudah dibaca, menghasilkan potret yang hidup, menghasilkan editing yang menarik, mengatur feed yang keren serta mampu menggunakan setiap fitur media secara maksimal. 

Selain itu, gaya penyampaian dalam video juga harus menarik, komunikatif, unik dan mudah dicerna. Dengan demikian, pasti akan banyak orang yang menyukai konten yang anda buat.

Punya Target  dan Konsisten 

Jangan pernah lelah belajar untuk mengasah kemampuan anda di bidang yang anda mampu. Asah terus passion anda agar terus menciptakan konten yang semakin menarik dan bermanfaat. 

Jangan pernah ragu dengan kemampuan yang anda miliki. Percaya diri dan lakukan yang terbaik demi peningkatan branding sebagai content creator. 

Bikin target saat membuat konten dan pelajari hal-hal baru agar konten yang anda buat semakin optimal. Teruslah melakukannya agar anda terlatih untuk konsisten terhadap apa yang anda mulai.

Tujuh cara di atas sangat memudahkan anda untuk berkarya di dalam dunia digital, khususnya untuk menjadi conten creator Youtube. Jangan lupa untuk tetap berinovasi dan mempertahankan ciri karya yang menjadi ciri khas anda. Karena hal ini akan membuat anda lebih dikenal. Dengan demikian, pendapatan akan mengalir dari pihak yang tertarik dengan konten anda. 

Perjuangan untuk menjadi conten creator Youtube top macam Baim Paula, Zuni and Family dan lain sebagainya membutuhkan kerja keras dan konsistensi, bukan dengan cara-cara yang instan.  

Tag: youtube youtube error youtuber

Bagikan: