Berikut 5 Tanaman Pendingin Ruangan, Mulai dari Aglaonema Hingga Lidah Mertua

| 28 Sep 2020 08:05
Berikut 5 Tanaman Pendingin Ruangan, Mulai dari Aglaonema Hingga Lidah Mertua
Tanaman hias (Foto: Unsplash/freestock)

ERA.id - Cuaca yang tak menentu, menjadikan kita bergantung pada AC atau kipas angin. Sayangnya, cara ini bisa membuat tagihan listrik membengkak.

Untuk mengantiipasi, kamu bisa mencari cara alternatif. Kamu bisa menanam tanaman indoor yang dapat menyejukkan ruangan.

Dilansir dari Thejoyofplants pada Senin (28/9/2020), berikut 5 jenis tanaman pendingin ruangan yang alami dan indah untuk rumah.

1. Pohon Beringin

green plant on white ceramic potPohon beringin (Foto: Pexels/Severin Candrian)

Salah satu dari sedikit pohon yang dapat tumbuh subur di dalam ruangan, yakni pohon beringin atau nama ilmiah Ficus benjamina. Ini juga termasuk pohon ara yang tumbuh dengan sendirinya pada musim panas. 

Daunnya yang banyak ini membuat udara di sekitarnya tetap segar dan sejuk. Kondisi ini menjadikan rumah sangat baik setelah seseorang seharian di luar rumah. Pohon beringin menyukai matahari, namun sangat haus. Jadi pastikan pohon beringin memiliki cukup air, terutama di musim panas.

2. Aglaonema

Colorful aglaonema plants on pot in the garden. Premium PhotoAglaonema (Foto: Freepik/alohapatty)

Tanaman ini dikenal dengan kualitas penjernihan udara dan tingkat transpirasi yang tinggi, saat melepaskan air kembali ke atmosfer. 

Tetapi, aglaonema hanya membutuhkan sedikit air dan paparan sinar matahari. Ini menjadikan tanaman pemeliharaan lebih sempurna. Tanaman hias yang lagi hits ini tersedia dalam berbagai ukuran, bentuk dan warna. Daunnya punya pola menarik, dan beberapa jenis aglaomena menjadi kelompok keluarga yang mengesankan.

3. Palm Hias

Palm Hias (Foto: Instagram/@youniegarden)

Areca palm, Fernpalm, Livistona, Fishtail palm dan Lady palm dan lainnya, semuanya sangat  bagus untuk menyerap CO2 dan mengeluarkan oksigen.

Semakin besar daunnya, makansemakin banyak oksigen dihasilkan. Palm hias dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan satu sama lain. Selain itu, palm hias memberikan tampilan rumahmu bak hutan hujan tropis yang menyenangkan. 

4. Lidah Mertua

Lidah Mertua (Foto: Unsplash/Severin Candrian)

Tanaman sansevieira atau lidah mertua  menyimpan banyak air di daunnya. Jika suhu naik dengan cepat, tanaman akan membiarkan air menguap untuk mencegah panas berlebih. 

Transpirasi menciptakan arus udara yang segar dan sejuk. Ini bisa kamu nikmati agar rumah menjadi menenangkan. Lidah mertua senang di bawah sinar matahari langsung. Maka dari itu, letakkan di jendela supaya daunnya bisa menangkap sinar matahari dan memberikan kesejukkan di dalam ruangan.

5. Tanaman Karet

Tanaman Karet (Foto: Instagram/@metimefactory)

Semakin banyak daun yang ada di taman karet, maka semakin besar pula ukurannya. Selain itu, semakin banyak air yang akan dilepaskan ke udara di sekitarnya bisa menjadi dingin atau sejuk. 

Semua ini membuat Ficus elastica atau tanaman karet cocok ditaruh dalam ruangan. Daunnya yang memiliki besar dan kokoh tidak hanya indah untuk dilihat. Melainkan, membantu rumahmu terasa lebih menyegarkan.

Rekomendasi