Alasan Bijak Meghan Markle Tak Mau Gunakan di Media Sosial Lagi

| 14 Oct 2020 14:55
Alasan Bijak Meghan Markle Tak Mau Gunakan di Media Sosial Lagi
Meghan Markle (Instagram)

ERA.id - Mantan aktris yang sekarang menjadi seorang bangsawan, Meghan Markle menyebut dirinya tak akan membuat akun di media sosial manapun. Bahkan ketika ia dan suaminya, Pangeran Harry lepas dari Kerajaan Inggris. 

Dalam kesempatan wawancara bersama Emma Hinchliffe dari Fortune di Fortune Most Powerful Women Next Gen Summit, ibu satu anak itu mengungkap alasan terbesarnya tak mau memakai media sosial di kehidupan pribadinya. 

Meghan mengklaim keputusan tak masuk ke jejering media sosial demi keselamatan dirinya sendiri. “Untuk melindungi diri saya sendiri, saya sudah lama tidak berada di media sosial,” katanya. 

“Saya membuat pilihan pribadi untuk tidak memiliki akun apa pun, jadi saya tidak tahu apa yang ada di luar sana, dan dalam banyak hal itu berguna bagi saya,” ungkap The Duchess of Sussex, dikutip Fortune, Rabu (14/10/2020). 

Sebelumnya saat wanita 39 tahun itu menjadi seorang aktris, bisa dibilang dirinya termasuk orang yang ‘melek’ dengan media sosial. Tetapi ketika ia menikah dengan keluarga Kerajaan Inggris, semua kehidupannya di media sosial dikendalikan oleh pihak lain, bukan dirinya pribadi. 

Bahkan untuk urusan mengunggah foto kebersamaan dengan anaknya, Archie Harrison pun dikontrol oleh tim media sosial kerajaan. 

Usai lepas dari kerjaan banyak penggemar yang menantikan keluarga bahagia itu punya akun media sosialnya sendiri. Tetapi Meghan menegaskan hal itu tak akan terjadi. 

Baginya media sosial sangat berpengaruh bagi kehidupan seseorang, baik secara mental maupun racun yang bersifat kecanduan bagi para penggunanya. 

“Saya memiliki banyak perhatian terhadap orang-orang yang terobsesi dengan (media sosial). Orang yang kecanduan narkoba disebut pengguna dan orang-orang yang ada di media sosial disebut pengguna. Ada sesuatu di sana, secara algoritma, yang menciptakan obsesi ini,” kata Meghan Markle.

Ia juga menegaskan tiap pengguna media sosial harus paham dengan konsekuensi yang akan diterima, termasuk hujatan, kritik, komentar negatif, serta kewaspadaan yang tinggi dalam berkecimpung di media sosial. 

Rekomendasi