Rekomendasi Film Horor Jepang Paling Menyeramkan yang Pas untuk Rayakan Halloween

Tim Editor

Ilustrasi film horor (Unsplash/@jmuniz)

ERA.id - Siapa bilang Jepang cuma bisa produksi film porno alias JAV? Buktinya para sineas Jepang mampu membuat film horor terbaik yang di remake oleh Hollywood loh. 

Kiprah film horor Jepang ini sudah melegenda sejak tahun 90-an. Selain banyak adegan menyeramkan, film horor Jepang juga menghadirkan berbagai aspek lainnya yang bikin bulu kuduk merinding. 

Berikut ini film horor terbaik Jepang yang cocok buat ditonton sepanjang hari Halloween. 

1. Ju-on: The Grudge (2002)

Banyak yang tak menyadari film Ju-on yang tayang di tahun 2004 merupakan remake dari film Jepang berjudul Ju-on: The Grudge yang rilis di tahun 2002. 

Kengerian dari film Ju-on: The Grudge ini bermula saat sebuah peristiwa pembunuhan mengerikan terjadi di Tokyo, Jepang. Pembununya meninggalakan sisa-sisa pembantaian itu di sebuah rumah, yang berimbas ke penghuni selanjutnya. 

Sosok hantu yang merangkak sambil meretakkan tulang-tulangnya pun muncul dan menghantui keluarga itu. Bahkan keluarga baru ini juga dipengaruhi oleh roh jahat yang merusak emosianal penghuninya. 

Kesuksesan Takashi Shimizu lewat film ini membawa namanya melejit di kancah Hollywood. Sama dengan versi Jepang, Ju-on versi Hollywood juga disutradarai oleh Shimizu. 

2. Ringu (1998) 

Tak kalah menyeramkan dari Ju-on, Ringu juga masuk ke jajaran film horor Jepang terbaik yang cocok buat nemenin kamu selama Halloween. 

Ringu berkisah tentang kutukan yang berasal dari sebuah kaset dvd. Di mana setiap orang yang nonton kaset itu akan tewas dalam waktu tujuh hari. Kutukan dari kaset itu pun tak bisa dihilangkan atau dihindari oleh siapapun, termasuk seorang gadis yang mengaku sudah nonton kaset kutukan itu. 

Film ini disutradarai oleh Hideo Nakata, dan di remake ke versi Inggris dengan judul Samara. 

3. Hausu (1977)

Teror kematian berantai rupanya juga menjadi cerita dari film Hausu yang tayang tahun 1977. Bisa dikategorikan film ini sebagai film horor terbaik dari Jepang. 

Berkisah tentang sekelompok remaja yang pergi liburan ke rumah bibi dari salah seorang kelompok itu. Liburan yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi bencana dan teror mematikan. Satu per satu anggota tewas secara mengenaskan. 

Penasaran gimana mereka bisa tewas dan menjadi korban teror kematian? Tonton yuk filmnya. 

4. Audition (1999)

Audition bisa dibilang sebagai film sadis sekaligus mengerikan yang lahir dari sineas Jepang. Sosok wanita cantik yang punya latar belakang kelam ini jadi fokus ceritanya. 

Bermula saat seorang duda membuka audisi untuk mencari seorang istri. Tanpa sadar ia langsung jatuh cinta dengan wanita cantik itu. 

Siapa yang sangka ternyata setelah menjadi pasangan suami istri, justru banyak adegan penyiksaan yang terjadi. 

5. Suicide Circle (2001)

Fenomena bunuh diri masal secara tiba-tiba terjadi di Jepang lewat film Suicide Circle karya Sion Sono. Seorang detektif handal pun mencoba untuk mengungkap kejadian misterius dan fenomenal itu. 

Apalagi rata-rata korban yang bunuh diri berasal dari siswa SMA. Mereka mengakhiri hidupnya dengan cara melompat ke rel kereta secara bersamaan. 

Adegan itu bahkan jadi salah satu yang ikonik bagi insan perfilman Jepang, termsuk tema yang diangkat oleh Sono. 

Tag: film horor

Bagikan: