Berikut Daftar Kontestan Produce 101 yang Tereliminasi Akibat Manipulasi Pemungutan Suara

Tim Editor

Kontestan Produce 101 yang Tereliminasi Akibat Manipulasi (Instagram)

ERA.id - Kasus manipulasi hasil pemungutan suara dari ajang pencarian bakat Produce 101 akhirnya diungkap oleh pihak pengadilan. Sejumlah nama kontestan Produce 101 yang tereliminasi akibat manipulasi pun diungkap ke publik.

Pada 18 November 2020 pihak Pengadilan melakukan persidangan banding atas kasus manipulasi pemungutan suara. Dari hasil banding itu, Pengadilan menolak dan tetap menjatuhi hukuman ke PD (direktur produksi), CP (kepala produksi), asisten PD, dan lima agensi yang terlibat. 

Dalam hasil sidang itu pihak pengadilan akhirnya membongkar nama-nama kontestan yang terkena imbas kejahatan oknum yang bertanggung jawab. 

“Para trainee yang dirugikan yang diungkapkan melalui pengadilan pidana yang adil dapat menjadi titik awal bagi mereka untuk menerima kompensasi yang sebenarnya atas kerusakan,” kata pihak Pengadilan, dikutip Newsis, Rabu (18/11/2020). 

Pengadilan juga sepakat tidak mengungkap kontestan yang diuntungkan dari manipulasi pemungutan suara karena mereka tak tahu ada manipulasi hasil di belakang mereka. Selain itu hal ini juga bisa berbahaya bagi karier dan kehidupan mereka di masa depan. 

Berikut ini daftar nama kontestan yang tereliminasi akibat manipulasi hasil pemungutan suara:

Produce 101 (pemungutan suara putaran pertama): Kim Su Hyun, Seo Hye Lin

Produce 101 Season 2 (putaran pertama pemungutan suara): Seong Hyun Woo (A.M LIMITLESS)

Produce 101 Season 2 (pemungutan suara putaran keempat): Kang Dong Ho (NU’EST Baekho)

Produce 48 (pemungutan suara putaran keempat): Lee Ga Eun, Han Cho Won

Peringkat akhir aktual: No. 5 Lee Ga Eun, No. 6 Han Cho Won

Produce X 101 (pemungutan suara putaran pertama): Anzardi Timothee

Produce X 101 (pemungutan suara putaran ketiga): Kim Kook Heon (B.O.Y), Lee Jin Woo (GHOST9)

Produce X 101 (pemungutan suara putaran keempat): Koo Jung Mo (CRAVITY), Lee Jin Hyuk (UP10TION), Keum Dong Hyun

Peringkat akhir aktual: No. 6 Koo Jung Mo, No. 7 Lee Jin Hyuk, No. 8 Keum Dong Hyun. 

Berdasarkan nama-nama yang diungkap bisa disimpulkan Lee Ga Eun dan Han Cho Won seharusnya bisa debut bersama IZ*ONE. Sementara Koo Jung Mo, Lee Jin Hyuk, dan Keum Dong Hyun bisa debut bersama X1. 

Sementara itu PD Ahn Joon Young dijatuhi hukuman dua tahun beserta denda, CP Kim Yong Bum menerima hukuman satu tahun delapan bulan. 

Asisten PD "Lee" dan lima perwakilan agensi hiburan, yang sebelumnya divonis denda, kini juga mendapat hukuman penjara delapan bulan yang ditangguhkan selama dua tahun.

Tag: viral

Bagikan: