Mnet Siap Tanggung Jawab dan Beri Kompensasi Terkait Manipulasi Produce 101

| 18 Nov 2020 17:25
Mnet Siap Tanggung Jawab dan Beri Kompensasi Terkait Manipulasi Produce 101
IZ*ONE. (Instagram/IZ*ONE)

ERA.id - Pihak stasiun televisi yang menyiarkan program Produce 101 akhirnya buka suara terkait kasus manipulasi pemungutan suara. Mnet mengaku siap bertanggung jawab dan akan memberi kompensasi dalam waktu dekat. 

Mnet merilis pernyataan resmi terkait kontroversi manipulasi hasil pemungutan suara dalam ajang Produce 101. Pernyataan resmi itu resmi dirilis oleh Mnet setelah pengadilan mengungkap daftar kontestan yang terpaksa tereliminasi akibat manipulasi. 

Dalam pernyataannya pihak Mnet mengaku menghargai keputusan pengadilan yang mengungkap data kontestan yang terdampak. Selain itu, Mnet juga meminta maaf atas kekacauan yang timbul akibat perbuatan PD Ahn Joon Young. 

"Selama proses persidangan, daftar trainee yang dirugikan oleh serial 'Produce 101' terungkap. Kami merasa sangat menyesal terhadap para trainee dan keluarga mereka yang sangat terluka oleh kami," ungkap Mnet, dikutip Newsen, Rabu (18/11/2020). 

Terkait kompensasi yang akan diberikan oleh Mnet, pihaknya mengaku sudah melakukan diskusi dengan para kontestan yang terdampak sejak kasus ini mencuat pertama kali. 

X1. (Instagram/X1)

 

“Beberapa diskusi sudah selesai, sementara yang lain masih berlangsung. Kami akan bertanggung jawab sampai akhir dan melakukan yang terbaik untuk mengganti kerugian yang ditimbulkan oleh semua trainee yang terkena dampak yang diungkapkan melalui uji coba hari ini,” ungkap perwakilan Mnet. 

Dari daftar yang sudah dirilis oleh persidangan, sedikitnya ada nama-nama besar yang sangat diharapkan debut oleh para penggemar. Mereka adalah Baekho NU’EST, Lee Ka Eun, Han Cho Won, Lee Jin Hyuk UP10TION, Keum Dong Hyun, Kim Su Hyun, Seo Hye Lin, A.M LIMITLESS, Anzardi Timothee, Kim Kook Heon B.O.Y, Lee Jin Woo GHOST9, dan juga Koo Jung Mo CRAVITY. 

Lebih lanjut Mnet meminta maaf atas semua kontestan, keluarga, dan juga penonton yang telah mendukung acara Produce 101. 

"Kami dengan tulus meminta maaf sekali lagi kepada para trainee yang dirugikan karena kami, keluarga mereka, dan pemirsa yang mendukung serial 'Produce 101' dengan cinta," tutup Mnet. 

Wanna One

 

PD Ahn Joon Young dan CP Kim Yong Bum yang bertanggung jawab dengan program ini pun terbukti bersalah dan menerima hukuman. Mereka masing-masing menjalani hukuman dua tahun beserta denda dan satu tahun delapan bulan. 

Sedangkan Asisten PD "Lee" dan lima perwakilan agensi hiburan, yang sebelumnya divonis denda, kini juga mendapat hukuman penjara delapan bulan yang ditangguhkan selama dua tahun.

Ajang pencarian bakat Produce 101 sendiri cukup terkenal di kalangan warga Korea Selatan dan dunia. Sistem pemungutan suara yang bisa dilakukan oleh semua penonton ini menjadi salah satu daya tarik Produce 101. 

Pada season pertama Produce 101, Mnet berhasil mendebutkan grup wanita dengan nama IOI. Kemudian pada season kedua, Mnet mendebutkan Wanna One. 

IOI

 

Season ketiga Produce 101, Mnet sedikit membawa perubahan. Kali ini pihaknya bekerja sama dengan Jepang dan anggota AKB48 untuk ikut serta. Mereka yang terpilih akan debut dengan nama IZ*ONE dan melakukan promosi di Korea Selatan dan Jepang. 

Kemudian terakhir ada X1 yang nasibnya tak seberuntung tiga idol Kpop yang lahir dari Produce 101. Mereka hanya berhasil debut hanya beberapa bulan saja. Di awal tahun 2020, Kim Woo Seok Cs terpaksa dibubarkan karena muncul skandal manipulasi hasil pemungutan suara. 

Rekomendasi