Mudah Dirawat, Berikut Jenis Tanaman Hias Sukulen yang Cantik dan Hits

| 30 Dec 2020 08:15
Mudah Dirawat, Berikut Jenis Tanaman Hias Sukulen yang Cantik dan Hits
Tanaman hias (Foto: Instagram/@ajabwildflower)

ERA.id - Hobi menanam tanaman hias sangat digandrungi sepanjang tahun 2020. Tanaman hias pun juga menghadirkan berbagai jenis yang banyak digandrungi, salah satunya adalah tanaman hias sukulen. Tanaman hias satu ini dikenal karena penampilannya yang mencolok dan tak biasa.

Tanaman hias sekulen tumbuh subur tanpa harus repot merawatnya. Yang terpenting adalah mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup. Dilansir dari berbagai sumber, berikut jenis tanaman hias sekulen yang cantik dan hits.

1. Tanaman hias sekulen panda

Tanaman hias sekulen panda (Foto: Instagram/@liliflowerspdg)

Tanaman hias sekulen panda memiliki bentuk yang unik dan lucu. Yang paling menarik adalah pinggirannya terdapat merah kehitaman. Sukulen panda sangat cocok ditaruh di halaman dan menjadi hiasan dalam kamar. Kamu bisa tanam dalam pot kecil, dan letakkan dekat jendela agar mendapatkan paparan sinar matahari.

2. Tanaman sukulen ball cactus

Tanaman sukulen ball cactus (Foto: Instagram/@my.succulent.world)

Tanaman hias sukulen ball cactus punya postur yang lucu. Tanaman hias jenis ini sangat cocok untuk pemanis rumah. Ball cactus punya warna duri kekuningan hingga keemasan. Jika berbunga, tanaman ini dapat menghasilkan bunga kecil berwarna kuning. Namun, kamu harus tetap jauhkan tanaman hias berduri ini dari jangkauan anak-anak. Sebab, durinya yang tajam sangat berbahaya untuk anak-anak.

3. Medusa cactus

Medusa cactus (Foto: Instagram/@cactus_de_saul)

Medusa cactus menjadi salah satu sekulen yang unik dan mempesona. Postur daunnya memanjang, keras, dan menjuntai ke atas. Sekilas, tanaman hias satu ini tampak seperti kaki cumi yang diletakkan pada pot. Medusa cactus cocok ditanam dalam pot dan digantung. 

Selain itu, kamu bisa tempatkan medusa cactus di teras maupun halaman rumah. Dengan perawatan yang mudah, kamu cukup letakkan media cactus di area banyak paparan sinar matahari dan siram secukupnya saat tanah pot sudah kering.

4. Lidah buaya

Lidah buaya (Foto: Instagram/@amelia_landscape88)

Lidah buaya memiliki daun tebal dan runcing yang memanjang. Pada permukaannya terdapat beberapa duri berwarna putih. Sementara, sisi dalamnya penuh dengan gel yang unik. Tanaman hias satu ini mempunyai banyak manfaat, seperti menyembuhkan kulit terbakar hingga membantu menumbuhkan rambut.

5. Bunga 8 dewa

Bunga 8 dewa (Foto: Instagram/@intanovic)

Bunga 8 dewa terlihat cantik dan mudah dirawat. Tanaman hias ini memiliki daun seperti sendok dengan batang berduri. Selain itu, bunganya juga beragam, warnanya sangat cantik dari oranye, salmon, hingga merah. Tanaman hias yang cantik ini perlu sinar matahari selama sekira 3-4 jam per harinya supaya subur. Bunga 8 dewa adalah tanaman hias sukulen asli Madagaskar.

Rekomendasi