Tanaman yang Dapat Mengusir Serangga Sekaligus Mempercantik Rumah

| 19 Dec 2020 08:15
Tanaman yang Dapat Mengusir Serangga Sekaligus Mempercantik Rumah
Lavender (Foto: Pexels/Brigitte Tohm)

ERA.id - Tanaman hias menjadi pilihan bagus untuk menghias rumah dan menambah kesegaran di lingkungan rumah. Tanaman hias tak hanya mempercantik rumah, tetapi juga punya manfaat baik untuk penghuninya. Beberapa tanaman ada yang memiliki manfaat baik untuk menghasilkan oksigen.

Selain itu, tanaman hias rupanya bisa mengusir serangga di rumah. Tanpa semprotan kimia berbahaya, beberapa tanaman hias ini bisa menghalau berbagai serangga. Dilansir dari House Beautiful, Sabtu (18/12/2020) berikut tanaman yang dapat mengusir serangga sekaligus mempercantik rumah:

1. Lemon 

Tanaman lemon (Foto: Instagram/@stupid_egg_interiors)

Lemon terbilang efektif sebagai pengusir serangga karena punya senyawa tingkat tinggi yang disebut sitronelal. Untuk mengusir serangga, cukup letakkan tanaman lemon di rumah. 

2. Lavender 

white potted purple petaled flower

Lavender (Foto: Unsplash/Joyce Toh)

Lavender menjadi pilihan alami yang baik untuk mengusir serangga. Tak hanya aromanya yang harum, tetapi dapat mengusir lalat, kumbang, dan bahkan kutu. Selain memiliki aroma yang wangi, lavender menjadi elemen dekorasi di dalam rumah. 

3. Rosemary 

close-up photography of pine plant on brown wooden table

Rosemary (Foto: Unsplash/Fran)

Kamu mungkin hanya menganggap rosemary sebagai bahan yang bagus untuk hidangan, tetapi tanaman ini juga bagus untuk mengusir serangga. Aromanya yang kuat akan menangkal hama yang menjengkelkan. Cara terbaik adalah menyimpan seluruh tanaman rosemary di area dapur. 

4. Marigold 

photo of yellow and red flowers

Marigold (Foto: Unsplash/Truly Joy)

Aroma marigold yang khas dapat mencegah lalat, nyamuk, dan hama lainnya. Jadi, tidak perlu membeli obat nyamuk jika Anda memiliki obat nyamuk alami, cerah, dan cantik ini.

5. Sage 

Sage (Foto: Unsplash/momfromthemitten)

Aroma dan minyak sage yang kuat bekerja dalam mengusir nyamuk dan lalat. Simpan tanaman sage di rumah. Selain dapat mengusir serangga, tanaman ini bisa memberikan nuansa rileks yang terpancar dari aromanya.

Tags : Tanaman Hias
Rekomendasi