Mudah Dirawat dan Tak Perlu Tanah, Berikut Jenis Tanaman Media Air yang Paling Banyak Dicari

| 01 Jan 2021 15:30
Mudah Dirawat dan Tak Perlu Tanah, Berikut Jenis Tanaman Media Air yang Paling Banyak Dicari
Tanaman Media Air (Foto: Instagram/@bambiapricotpoodle)

ERA.id - Tak hanya tanaman hias, saat ini tanaman melalui media air juga banyak dicari. Buat kamu yang ingin praktis dan mudah, merawat tanaman dengan media air bisa menjadi solusinya. Namun, tak semua tanaman bisa dirawat melalui media tanam air.

Ada beberapa tanaman yang dapat hidup dan dirawat dengan media air. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 jenis tanaman media iar yang paling banyak dicari:

1. Monstera deliciosa atau Swiss Cheese Plant

Monstera deliciosa atau Swiss Cheese Plant (Foto: iStock/cynoclub)

Monstera Deliciosa atau sebutan lain, yaitu Swiss Cheese Plant atau Cheese Plant masuk dalam spesies tanaman berbunga yang berasal dari hutan tropis Meksiko selatan, selatan hingga Panama. Daun pada tanaman muda lebih kecil dan utuh tanpa lobus atau lubang. Namun, segera menghasilkan lubang-lubang saat mereka tumbuh semakin besar. 

2. Paperwhite

Paperwhite (Foto: Instagram/@vicky_mccarthy_)

Paperwhite memiliki nama ilmiah Narcissus papyraceus. Paperwhite adalah tanaman umbi yang berasal dari wilayah Mediterania. Tanaman berbunga putih yang indah ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mempercantik rumah, hanya dengan air sebagai media tanam. Bunga paperwhite sangat cantik dengan kelopak warna putih dan kuning.

3. Sirih Gading

Sirih Gading (Foto: Instagram/@rifrafmom)

Sirih gading adalah tanaman rambat yang memiliki akar gantung dan bisa melilit pada batang pohon. Daun sirih gading berwarna hijau dengan campuran putih atau kuning seperti marmer. Tak hanya di tanah, sirih gading mudah dirawat dan tumbuh dengan media air. Apabila kamu tertarik, cukup sediakan vas atau botol yang diisi air sebagai media tanamnya. 

4. Bambu Rejeki

Bambu Rejeki (Foto: Instagram/@florabeijaflor)

Dekorasi tanaman yang bisa dipilih untuk melengkapi interior rumah adalah Bambu Rejeki atau lucky bamboo. Dinamakan Bambu Rejeki, karena tanaman ini dipercaya membawa keberuntungan. Bambu Rejeki bisa ditanam di media air, tetapi tak membutuhkan banyak air. Air yang berlebihan justru akan merusak tanaman Bambu Rejeki. Pastikan sirami tanaman beberapa hari sekali saja untuk memastikan tanah tetap lembap (tidak kering), namun tidak terlalu basah.

5. Peperomia Watermelon

Peperomia Watermelon (Foto: Instagram/@soofs_jungalow)

Peperomia watermelon atau semangka saat ini tengah naik daun. Tanaman dengan daun bercorak ini tak hanya tumbuh media tanah, tetapi juga dengan media air. Tanaman satu ini menjadi salah satu tanaman media air indoor di tahun 2020 yang paling difavoritkan. Peperomia watermelon menyerupai semangka ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan dan koleksi tanaman hias unikmu.

Rekomendasi